Jenius: Pandemi Covid-19 Bikin Orang Rajin Nabung

Jenius Covid-19 Ramadan Menabung

Telset.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 di bulan Ramadan mengubah perilaku masyarakat. Aplikasi perbankan digital, Jenius merilis data jika masyarakat khususnya kalangan digital savvy lebih rajin menabung selama pandemi Covid-19 ini. Kenapa?

Jenius melakukan survei independen mengenai prilaku masyarakat selama pandemi Covid-19 yang bertajuk Jenius Study: Indonesian Digital Savvy Behavior During Ramadan 2020. Survei dilakukan kepada 468 digital savvy Indonesia selama bulan April hingga Mei 2020.

Mereka bertanya kepada para responden terkait aktivitas finansial yang paling sering dilakukan selama Ramadan 2020 di tengah pandemi Covid-19.

Hasilnya hampir 76% responden mengatakan menyimpan uang untuk ditabung. Kemudian 71% belanja online, 69% membayar tagihan, 55% membayar dan mengirim makanan, dan 52% mengisi saldo e-wallet.

{Baca juga: 2 Tahun Dirilis, Aplikasi Jenius Sudah Punya 1,2 Juta Pengguna}

“Sekitar 76% responden mengaku sering saving atau menabung. Jumlah pengeluaran berkurang, transaksi menabung lebih besar. Sisanya ada yang berbelanja secara online dan membayar tagihan,” kata Digital Banking Head Bank BTPN, Irwan Tisnabudi.

Nabung Pandemi Covid-19 Ramadan 2020 Jenius Ketika diskusi virtual lewat Zoom pada Kamis (14/05/2020), Irwan mengatakan bahwa prilaku menabung tidak terlepas dari situasi pandemi Covid-19.

Menurutnya orang-orang semakin sadar untuk menabung karena mereka menyiapkan diri untuk situasi yang lebih buruk terkait Covid-19.

“Saat ini muncul kesadaran baru. Orang-orang sadar menabung untuk menyiapkan krisis di masa depan yang mungkin lebih tinggi. Mereka menabung untuk dana darurat,” tambah Irwan.

Prilaku menabung masyarakat diapresiasi oleh Certified Financial Planner, Metta Anggriani. Menurutnya saat ini adalah momen yang tepat untuk menabung karena tidak ada pengeluaran besar di Ramadan 2020 ini.

“Tidak ada buka puasa bersama, tidak ada silaturahmi atau halalbihalal, tidak ada mudik. Artinya kebiasaan finansial selama Ramadan berubah 180 derajat karena pandemi ini,” kata Metta.

{Baca juga: Saat Pandemi Covid-19, Orang Bersyukur Ada Animal Crossing}

Senada dengan hasil survei tersebut, Metta pun menyarankan kepada masyarakat untuk menabung selama pandemi Covid-19. Alasannya sampai saat ini belum ada yang tahu kapan Covid-19 berakhir.

“Menabung menjadi krusial pada masa pandemi ini karena ketidakpastian ekonomi selama beberapa bulan ke depan,” tutup Metta. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

  1. Ayo segera mainkan game terbaru di https://enakmain.com/, nanti kita bisa ketinggalan zaman ini kalau tidak di coba bermain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here