Telset.id, Jakarta – Di saat Lebaran, trafik komonukasi dipastikan akan melonjak dibanding hari biasa. Menghadapi lonjakan trafik Lebaran, XL Axiata memastikan jaringan miliknya siap melayani kebutuhan pelanggan selama Lebaran 2020.
Kepastian itu disampaikan oleh Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Direktur Informasi, Yessie D. Yosetya, dan Plt Chief Technology Officer I Gede Darmayusa, saat meninjaua pusat monitoring jaringan XL di Jakarta, Sabtu (23/5).
Dari hasil monitoring dapat diketahui antara lain kenaikan trafik data rata-rata sebesar 2% – 3% dalam beberapa pekan terakhir menjelang Lebaran dibandingkan hari normal setelah berlakunya bekerja dan sekolah dari rumah.
{Baca juga: Awal 2020, Pendapatan XL Axiata Tembus Rp 6,5 Triliun}
“Dari monitoring ini kita juga mendapatkan data bahwa tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke wilayah lain memang tidak setinggi tahun-tahun sebelumnya,” terang Plt Chief Technology Officer, I Gede Darmayusa.
Hal ini tentunya dipengaruhi oleh adanya larangan mudik bagi warga Jabodetabek, imbas dari pandemi Covid-19.
Di sisi lain, menurutnya, XL juga punya data bahwa kenaikan trafik di berbagai area lebih dipengaruhi oleh meningkatnya konsumsi data oleh setiap pelanggan daripada pengaruh perpindahan pelanggan ke area lain.
I Gede Darmayusa menambahkan, dari data-data yang terlihat di pusat monitoring, pihaknya yakin atas kesiapan jaringan yang sudah dilakukan sejauh ini. Dia menyebut seperti kapasitas jaringan yang telah ditingkatkan sebesar 2x lipat dari hari-hari normal.
Selain itu juga menyangkut kesiapan jaringan di setiap area terkait dengan berubahnya paradigma dimana tidak ada mudik, berarti tidak ada lagi lonjakan trafik di daerah tertentu, termasuk di lokasi-lokasi wisata yang biasa jadi tujuan berlibur selama Lebaran.
Penguatan jaringan kini lebih banyak dilakukan di area-area pemukiman di mana masyarakat diperkirakan akan lebih banyak melakukan berbagai aktivitas Lebaran di rumah.
{Baca juga: Jurus Bos XL Axiata Jaga Kesehatan Karyawan Selama WFH}
Selama sepekan terakhir, layanan data yang paling banyak diakses pelanggan adalah layanan berbasis streaming dengan kenaikan sebesar 40% di bandingkan hari normal sebelum pandemi Covid-19, kemudian layanan gim naik 35%, dan layanan instant messaging (IM) meningkat 15%.
Khusus layanan video call atau video conference dan sejenisnya yang akhir-akhir ini banyak digunakan masyarakat untuk saling menyapa dengan keluarga juga untuk menunjang aktivitas bekerja dan belajar dari rumah.
“Terjadi kenaikan trafik hingga lebih dari 5x dibandingkan hari normal sebelum pandemi Covid-19,” ungkapnya.
Sementara itu, berdasarkan wilayah, kenaikan trafik tertinggi dalam sepekan terakhir sebelum Lebaran, berturut-turut ada di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, serta Jawa Timur dengan rata-rata naik 3%.
{Baca juga: Antisipasi Dampak Corona, XL Axiata Buyback Saham Rp 500 Miliar}
Meski tidak ada lagi mudik, XL tetap bersiap mengantisipasi potensi lonjakan trafik yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Untuk itu, prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin.
Pengerahan mobile BTS juga tetap dipersiapkan untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan. [HBS]