telset

Jaringan Indosat “Bebas” Drop Call

Surabaya – Jaringan Indosat Surabaya berhasil menyediakan layanan suara tanpa drop call. Hal tersebut terbukti saat uji jaringan yang dilakukan Indosat dan kalangan pers, termasuk telsetnews, dalam rangka menguji kesiapan jaringan Indosat menyambut lonjakan trafik komunikasi saat lebaran.

Uji jaringan dilakukan di tiga titik keramaian kota Surabaya pada hari Kamis (26/07/12). Dimulai dengan mengunjungi Bandara Juanda. Di tempat tersebut, team Indosat dan Pers melakukan uji kecepatan download dan streaming video dengan bantuan software Nemo, situs pengukur kecepatan speedtest.net dan modem Nokia C5. Uji coba dilakukan dalam kondisi static atau diam di satu titik.

Pada uji coba tersebut, jaringan Indosat mencatatkan kecepatan throughput rata-rata 2,73 Mbps. Mampu menstreaming video Maher Zain kualitas HD dengan kecepatan rata-rata 476,9 kbps. Dengan kecepatan tersebut, video berdurasi 5 menit 37 detik bisa diputarnya dalam waktu 6 menit 40 detik. Sementara utuk download, kecepatan troughput rata-ratanya mencapai 3,4 Mbps atau sanggup mendownload video berukuran 73,67 MB hanya dalam waktu 2 menit 43 detik.

Dari Bandara Juanda, team bergerak ke arah Kebun Binatang Surabaya. Dalam perjalanan yang menghabisan waktu sekitar 45 menit tersebut, team melakukan pengetasan terhadap kualitas sinyal di sepanjang jalur tersebut dan melakukan uji panggilan serta test pengiriman SMS.

Hasilnya cukup memuaskan. Dalam 110 percobaan panggilan telpon, 107 diantaranya berhasil tersambung. Tingkat keberhasilan panggilannya mencapai 97,27%, lebih besar dari batas yang disyaratkan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) yaitu 90%.

Sementara untuk test pengiriman SMS, jaringan Indosat mencatatkan angka sempurna. Berhasil mengirim 571 SMS dari total 571 percobaan. Tingkat keberhasilan pengirimannya 100%, dengan waktu pengiriman rata-rata 9 detik/SMS.

Hasil sempurna juga dicatatkan Indosat saat melakukan uji kualitas sinyal dengan cara melakukan panggilan telpon selama perjalanan. Dalam uji coba tersebut, team berhasil melakukan panggilan selama 45 menit tanpa putus atau drop call. Uji coba tersebut dilakukan untuk menguji seberapa mulus jaringan Indosat melakukan hand over saat melayani panggilan yang bergerak dari satu BTS ke BTS lainnya.

Setibanya di Kebun Binatang Surabaya, team melakukan uji yang sama seperti halnya di Bandara Juanda. Dimulai dengan mengakses Speedtest.net. Menurut situs tersebut, kecepatan download rata-rata jaringan Indosat mencapai 3,02 Mbps. Saat dicoba untuk mendownload file berukuran 73,67 MB, butuh waktu 2 menit dengan rata-rata kecepatan mencapai 4,9 Mbps. Sedangkan untuk streaming video Maher Zain, kecepatan rata-ratanya mencapai 493,4 kbps. Video berdurasi 5 menit 37 detik berhasil diputarnya dalam waktu 6 menit 32 detik. Sementara di stasiun Gubeng, file berhasil diunduh selama 4 menit 40 detik dengan kecepatan maksimal 7,1 Mbps dan rata-rata 4,9 Mbps. Sedangkan ketika melakukan streaming video, memakan waktu 7 menit 23 ketika di-play dengan kecepatan rata-rata 456,1 Kbps.

Menurut Putri Agung, Division Head Technical Operation East Java & Bali, drive test (uji jaringan) yang dilakukan Indosat dan kalangan Pers pada Kamis (26/07/12) menunjukkan hasil yang baik.

“Dari hasil uji panggilan, angka 97% keberhasilan panggilan sudah melebihi standar yang ditetapkan BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) yakni sebesar 90 persen. Begitu pula dengan hasil pengujian lainnya. Semuanya ada di atas standar yang ditetapkan regulator,” jelas perempuan yang akrab disapa Pungki ini.

Indosat sendiri rencananya akan melakukan uji jaringan di beberapa kota lainnya bersama dengan BRTI pada H-13 lebaran. Hal tersebut dilakukan untuk menguji kesiapan jaringan Indosat meng-handle lonjakan trafik komunikasi pada saat Lebaran. (hz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0