Home NEWS INTERNET Jangan Ditiru! Ini Password Paling Banyak Dipakai

Jangan Ditiru! Ini Password Paling Banyak Dipakai

Telset.id,Jakarta – Beberapa orang menganggap remeh kata sandi atau password untuk akun mereka. Mereka tak sadar peretas dengan mudah membobol akun dengan password asal-asalan.

Kata kunci merupakan pertahanan pertama antara Anda dengan seorang peretas. Namun, faktanya banyak dari kita memilih frasa sederhana yang secara efektif memberi kemudahan bagi penjahat untuk membuka akun kita.

Para peneliti telah mengungkapkan beberapa kata sandi yang paling umum atau paling banyak digunakan dalam beberapa kategori. Dan hasilnya cukup mengejutkan.

Perusahaan keamanan Dashlane, yang bekerja sama dengan Virginia Tech telah menganalisis lebih dari 61 juta kata sandi. Dan hasilnya, kata sandi yang paling umum atau paling banyak digunakan pemilik akun selama tahun 2017 telah terungkap.

Basis kata sandi atau pasword delapan karakter yang paling umum digunakan adalah “12345678”. Sedangan basis paling umum kedua yang banyakn dipakai adalah “password”.

Basis kata sandi adalah kata sandi yang dapat dihasilkan varian lain. Kata sandi “password” adalah basis paling umum kedua, tetapi kata “password1” dan “password2” juga sangat umum.

Kata-kata tunggal menduduki peringkat sangat tinggi dalam 10 basis kata sandi paling umum, termasuk di antaranya “football” dan “princess”.

Kesalahan dalam membuat password ini wajar terjadi, sebab sebagian orang kesulitan mengingat kata sandi yang rumit. Meskipun mereka tahu, kata sandi yang lemah beresiko.

“Sulit bagi manusia untuk menghafal kata sandi unik untuk sekitar 150 akun yang hampir dimiliki rata-rata orang,” kata Dr Gang Wang, seorang profesor ilmu komputer di Virginia Tech.

Baca juga: Masalah Password: Lemah dan Mudah Diingat vs Kuat tapi Sering Lupa

“Tidak bisa dipungkiri, orang menggunakan password yang sama atau hanya sedikit memodifikasi pasword mereka, padahal itu praktik berbahaya,” katanya.

Kecenderungan lain, yang juga mengkhawatirkan di kalangan pengguna adalah “password walking”. Menggunakan huruf dan angka yang bersebelahan di keyboard.

Berikut ini adalah kombinasi paling umum dijumpai dari “password walking”:

1q2w3e4r
1qaz2wsx
1qazxsw2
zaq12wsx
! qaz2wsx
1qaz @ wsx

Semua kata sandi di atas menggunakan kata kunci yang ada di dekat sisi kiri keyboard. Sekilas memang tampak rumit, namun peretas dengan mudah memecahkan kata sandi umum ini.

Cinta dan kebencian juga merupakan tema yang berulang di antara kata sandi populer. Semua ini memiliki peringkat tinggi di antara pilihan kata sandi yang digunakan orang pada umumnya.

iloveyou
f*ckyou
a**hole
f*ckoff
iloveme
trustno1
beautiful
ihateyou
bullsh*t
lovelove

Sejumlah merek terkenal juga digunakan oleh sejumlah orang sebagai kata sandi, dan berada di peringkat cukup tinggi. Beberapa merek yang kerap digunakan sebagai pasword di antaranya.

myspace
mustang
linkedin
ferrari
playboy
mercedes
cocacola
terkekeh
korvet
skittles

Musik dan film juga banyak digunakan sebagai pilihan kata sandi. Berikut ini beberapa kata sandi terkait dengan musik dan film yang banyak dipakai.

superman
pokemon
simpul hidup
starwars
metallica
nirwana
Blink 182
manusia laba-laba
greenday
rockstar

Selain merek, film, dan musik, nama tim sepakbola juga banyak digunakan sebagai password. Dan ternyata tim sepakbola dari Liga Champions yang paling sering dipilih sebagai kata sandi.

liverpool
chelsea
gudang senjata
barcelona
manchester

Jadi setelah mengetahui beberapa password jamak di atas, apakah Anda merasa password yang Anda gunakan sudah aman?

Sumber: The Sun

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version