telset

Jago Lukis, Robot Ini Bisa Gambar Garis Lapangan Bola

Telset.id, Jakarta – Teknologi robot dan kecerdasan buatan semakin berkembang sejalan satu sama lain di berbagai bidang, termasuk olah raga. Salah satunya adalah robot Pitch-R besutan Nissan, yang bisa mengecat garis putih mengitari lapangan bola.

Menurut Digitaltrends, Kamis (7/6/2018), produsen mobil asal Jepang ini menampilkan robot otonom canggihnya pertama kali pada laga Final Liga Champions antara klub sepak bola Liverpool dan Real Madrid di Kyiv, Ukraina akhir Mei lalu.

Robot kecil berbentuk seperti mobil-mobilan itu mengecat semua garis yang diperlukan untuk pertandingan yang masih kerap diperbincangkan itu secara akurat dan efisien hanya dalam 20 menit. Hasil kerjanya juga mengagumkan karena mampu melewati pemeriksaan pra-pertandingan yang ketat oleh FIFA.

Teknologi robot ini terinspirasi dari asisten pengemudi ProPILOT, yang ditemukan di Nissan Leaf baru. Pitch-R memiliki fitur empat kamera, pelacakan lokasi GPS bawaan dan sistem penghindaran tabrakan canggih.

Dengan berbekal cat putih ramah lingkungan dan dapat dilarutkan, Pitch-R mampu bekerja baik di kerikil, rumput atau trotoar dan dapat membuat garis, bahkan pada permukaan yang tidak rata atau memiliki berbagai kendala. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Pitch-R terlebih dahulu menganalisis lingkungannya dengan cepat untuk menentukan letak garis secara akurat, setelah itu robot bertenaga baterai ini mulai bekerja.

Baca juga: Wow! Robot Bernama Atlas Ini Jago Koprol

Berbagai bentuk lapangan, baik lima sisi, tujuh sisi atau 11-sisi juga bisa dikerjakan hanya dalam 20 menit atau kurang.

Belum jelas, apakah Nissan berencana untuk memproduksi Pitch-R secara masal, namun perusahaan ini menggunakan Final Liga Champions untuk lebih memamerkan apa yang disebut Nissan Intelligent Mobility.

Menurut perusahaan, proyek ini dirancang untuk mengubah bagaimana mobil didorong, bertenaga dan terintegrasi ke dalam masyarakat. Mirip strategi Tesla atau Google, Nissan Intelligent Mobility tampaknya masih merupakan kejutan lain dalam menyempurnakan kendaraan otonom.

Dengan menempatkan robot untuk bekerja secara akurat mengecat bidang yang digunakan untuk salah satu pertandingan sepak bola terbesar tahun ini, Nissan tidak hanya menguji teknologinya dengan cara yang menyenangkan tetapi melakukannya dengan ditonton jutaan orang.

Perusahaan menyatakan bahwa itu adalah purwarupa canggih pertama dalam rangkaiannya yang dikembangkan menggunakan teknologi Nissan Intelligent Mobility.

Baca juga: Duh, Orang akan Lebih Suka ‘Ngeseks’ dengan Robot

“[Semangat untuk sepakbola] mendorong tim desain dan teknik kami untuk membuat Pitch-R. Ini menyuntikkan teknologi Nissan terbaik ke dalam sebuah inovasi yang dapat menguntungkan akar rumput sepakbola dan membangkitkan semangat dan melibatkan penggemar muda,” ujar Wakil Presiden untuk pemasaran Nissan Eropa Jean-Pierre Diernaz. [WS/HBS]

Sumber: Digitaltrends

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0