Its all About Android Vs iOS

Jakarta – Android berhasil menggeser sistem operasi BlackBerry dari puncak klasemen OS di Amerika. Sebelumnya, sistem operasi kembangan Google ini menempati posisi kedua setelah BlackBerry dengan market share 23,5%. Tapi diluar perkiraan, angka tersebut tumbuh cepat menjadi 32,2% hanya dalam tempo tiga bulan, terhitung sejak oktober 2010 sampai dengan Januari 2011. Sedangkan pasar BlackBerry turun 5,4%, dari sebelumnya 35,8% menjadi 30,4%. Angka tersebut didapat dari hasil survey yang dilakukan ComScore kepada 30 ribu pelanggan seluler di Amerika.

Sistem operasi yang juga mengalami peningkatan adalah iOS. Sistem operasi kembangan Apple ini naik 0.1% menjadi 24,7% dari sebelumnya 24,6%.

Sementara Microsoft yang gencar mengkampanyekan Windows Phone 7 justru mengalami penurunan pasar sekitar 1.7% dari 9.7% pada Oktober 2010 menjadi hanya 8% di Januari 2011. Nasib serupa menimpa Palm yang market share-nya turun 0.7% menjadi hanya 3.2%.

Selain pasar OS, ComScore juga merilis laporan tentang market share ponsel di Amerika berdasarkan brand. Untuk kategori ini, Samsung jadi jawaranya.  Vendor asal Korea yang paling gencar meluncurkan ponsel berbasis Android ini menguasai pasar ponsel Amerika dengan 24,9% atau naik sekitar 0.7 persen. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh vendor asal Korea lainnya, LG, yang memiliki market share sekitar 20.8% atau turun 0.2% dari tiga bulan sebelumnya.

Sementara Motorola, RIM, dan Apple masing-masing menguasai market share sebesar 16.5%, 8.6% dan 7%. Motorola dan RIM market sharenya turun sekitar 1.2% dan 0,7%. Lain halnya dengan Apple yang mengalami pertumbuhan sekitar 0.6% dari tiga bulan sebelumnya.

Well, jika dilihat dari data market share sistem operasi dan ponsel secara umum, tampak bahwa Android mulai mengendalikan pasar ponsel di Amerika. Bagaimana tidak, selain memuncaki klasemen OS, Android juga berhasil mengerek market share Samsung yang notabene rajin meluncurkan ponsel berbasis Android. Sementara iOS jadi sistem operasi yang konsisten menumbuhkan pasar Apple di Amerika. So, its all about Android Vs iOS. (HZ)

Previous articleXL Ancam Posisi Telkomsel Jadi Mitra Resmi Apple
Next articleSamsung S3850 Corby II, Andalkan WiFi & TouchWiz Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here