telset

Isi Data Pribadi Ganggu Kenyamanan Pengunduh Aplikasi

Jakarta – Aplikasi yang terdapat di perangkat smarphone dan tablet dapat memaksimalkan fungsi perangkat pintar itu, sekalipun hanya untuk keperluan hiburan. Tetapi seringkali pengguna merasa privasinya  terganggu bila aplikasi meminta untuk mengisikan data pribadi.

Baik disengaja ataupun tidak disengaja, ada beberapa aplikasi yang meminta Anda untuk mengisikan alamat email, lokasi, nomor telepon, dan lain-lain. Lembaga survey, Pew Reseach Center, mengadakan studi mengenai pengalaman pemilik perangkat mobile yang diminta untuk memasukan data pribadi yang diminta sebelum mengunduh aplikasi.

Hasil survey yang telsetNews lihat dari Ubergizmo, Jumat (7/9), mengungkapkan ada lebih dari setengah pengguna aplikasi mobile menghindari aplikasi yang meminta data pribadi untuk menghindari hal mereka khawatirkan, seperti pengumpulan informasi yang dihimpun oleh aplikasi.

Dari survey yang dilakukan, ditemukan pula kecenderungan pengguna untuk sering mem-backup, menghapus data browsing, dan menonaktifkan pencarian lokasi. Selain untuk menyimpan data cadangan dan menghemat baterai, lembaga ini menduga tindakan mem-backup dan menonatifkan pencarian lokasi juga ada kaitannya dengan perlindungan terhadap privasi pengguna. [lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0