iPhone 6 Plus, Galaxy S6 Edge, HTC One M9, Mana Mudah Bengkok?

BendBots test 2JAKARTA – SquareTrade, sebuah perusahaan yang menawarkan asuransi smartphone di Amerika Serikat, melakukan sebuah ujicoba untuk mencari tahu smartphone mana yang mudah bengkok dan rusak.

Perusahaan tersebut belum lama ini memposting hasil pengujian yang mereka lakukan terhadap tiga smartphone yang paling banyak dibicarakan saat ini, yaitu iPhone 6 Plus. Samsung Galaxy S6 edge, dan HTC One M9.

SquareTrade menguji tiga smartphone premium tersebut dalam upaya untuk mengetahui seberapa mudah perangkat itu bengkok dan rusak. Ketiga smartphone ini harus melewati ‘penyiksaan’ dengan alat yang mereka sebut sebagai “BendBots”, yakni robot yang mendeteksi seberapa besar tekanan yang mampu smartphone tahan sebelum akhirnya melengkung dan merusakan smartphone tersebut.

SquareTrade mengklaim bahwa BendBots mensimulasikan kekuatan yang terjadi ketika seseorang duduk dengan smartphone di saku belakang mereka.

Video yang kita lihat di bawah ini menunjukkan bahwa dibutuhkan tekanan 110 pon (sekitar 50 kg) untuk bisa menekuk iPhone 6 Plus. Dan kekuatan yang sama persis (50 kg) yang dibutuhkan untuk menekuk Samsung Galaxy S6 edge.

Namun dari test itu, iPhone 6 terlihat hanya menunjukkan chassis yang bengkok. Sementara Galaxy S6 edge, meski dilindungi dengan Gorilla Glass 4, tetapi tampaknya sisi-sisi kurvanya mudah retak bila dibengkokkan. Tapi bagusnya, kedua smartphone masih bisa berfungsi pada tahap pengujian ini.

Kemudian secara bertahap tekanan semakin ditingkatkan. SquareTrade menemukan bahwa dibutuhkan kekuatan hingga 179 pon (81 kg) untuk benar-benar merusak iPhone 6 Plus. Sedangkan Galaxy S6 edge benar-benar hancur pada saat kekuatan tekanan menunjukan angka 149 pon (67,5 kg).

Anda tentu bertanya-tanya bagaimana dengan HTC One M9? Smartphone flagship terbaru HTC ini juga harus melewati ujian yang sama dengan kedua pesaingnya tadi. Hasilnya? HTC One M9 ternyata cenderung lebih kuat.

Chassis aluminium smartphone unggulan HTC ini baru melengkung saat mendapat tekanan dengan kekuatan 120 pon (54 kg). Sayangnya, tombol Power yang dipindahkan dari atas ke sisi tengah terkena dampak yang besar. Karena lengkungan terjadi di bagian tengah smartphone, sehingga akhirnya merusakkan tombol Power dari M9 hanya pada percobaan pertama

Well, biar lebih lengkap, simak langsung videonya di bawah ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0