iPad 2, Tablet Guru

iPad memang bukan tablet yang kaya akan fitur. Tapi iPad punya kualitas grafis yang belum bisa disaingi oleh kompetitor tablet lainnya. Inilah yang membuat iPad mendominasi pasar tablet dengan market share hingga 70%. Jauh di atas tablet berbasis Android yang mengedepankan keberagaman fitur.

Sekarang muncul iPad generasi kedua. Tablet yang didesain dengan ketipisan hanya 8.8 mm dan berat 601 gram. 33% lebih tipis dan 15% lebih ringan dibanding iPad generasi pertama. Tak berlebihan jika Steve Jobs meminta pesaingnya untuk kembali ke meja gambar dan mendesain ulang tablet yang akan mereka buat.

Apalagi iPad 2 dibekali jeroan yang mampu menghadirkan kecepatan proses 2x lebih cepat dan kinerja grafis 9x lebih baik dibanding iPad. Thanks to prosesor A5 dual core 1 GHz. Lengkap dengan dukungan layar berjenis LED  IPS yang beresolusi 1024×768 pixel. Paduan teknologi yang dipercaya mampu menampilkan video, game, dan fungsi yang memerlukan kemampuan grafis lainnya secara lebih maksimal.

Tak ketinggalan dua buah kamera yang memungkinkan iPad 2 merekam video dengan kualitas HD 720p (back camera) dan VGA (front camera). Kedua kamera tersebut juga bisa dimaksimalkan untuk mendukung fitur Facetime yang memungkinkan pengguna iPad 2 berkomunikasi tatap muka dengan pengguna Mac, iPod Touch, iPhone 4 ataupun iPad 2 lainnya melalui WiFi.

Fitur lain yang juga tak kalah menariknya adalah sistem operasi iOS 4.3, WiFi yang bisa dijadikan sebagai Access Point, Assisted GPS, multitasking, airprint, airplay, dan smart cover.

Untuk semua inovasi yang ada di iPad 2, pengguna perlu merogoh kocek sekitar $429 sampai dengan $829. Tergantung tipe dan besaran memorinya. Untuk iPad 2 + WiFi, Apple membandrolnya dengan harga $499 (16 GB), $599 (32 GB), dan $699 untuk yang 64 GB. Sedangkan untuk versi WiFi+3G, iPad 2 dihargai $ 629 (16GB), $729 (32 GB) dan $829 (64 GB). Sayangnya, iPad 2 versi 3G belum bisa digunakan di negara lain kecuali Amerika melalui operator Verizon. (HZ)

Previous articlePentax Optio RS1500, Kamera Bunglon
Next articleSamsung Galaxy Tab 10.1, Tablet Multi Fungsi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here