iOS 14 Rilis Hari Ini, Cek Daftar Perangkatnya dan Cara Unduh

iOS 14 rilis

Telset.id, Jakarta – Setelah diperkenalkan di ajang WWDC 2020 yang diadakan secara virtual pada bulan Juni lalu, Apple mengonfirmasi akan merilis iOS 14 pada hari Rabu 16 September 2020, waktu Amerika Serikat.

CEO Tim Cook mengungkapkan tanggal rilis iOS 14 saat mengumumkan Apple Watch Series 6, Apple Watch SE, iPad 8, dan iPad Air 4 di acara virtual Apple pada hari Selasa.

Apple meluncurkan iOS 14 sebagai iterasi berikutnya dalam keluarga iOS di WWDC 2020 yang diadakan secara virtual pada bulan Juni lalu. Bersamaan dengan dirilisnya iOS versi terbaru, Apple juga akan merilis iPadOS 14, watchOS 7, dan tvOS 14.

{Baca Juga: Apple Resmi Luncurkan iOS 14, Apa yang Baru?}

Tim Cook memang tidak menyebutkan secara pasti kapan waktu atau jam dirilisnya. Tapi jika melihat waktu peluncuran sebelumnya, kemungkinan waktu peluncurannya sekitar pukul 10 pagi PST/ 1 siang EST. Ini berarti pembaruan akan tiba di perangkat Apple Anda di Indonesia sekitar pukul 00.00 WIB.

Daftar Model iPhone terima iOS 14

Pembaruan iOS 14 akan tersedia diunduh untuk semua model iPhone yang masuk daftar perangkat yang berjalan pada iOS 13.

Seperti dikutip Telset.id dari 9to5Mac, berikut ini daftar perangkat Apple yang akan bisa mencicipi iOS 14:

  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus
  • iPhone SE
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone XR
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • dan iPhone SE (2020)
  • iPod touch generasi ketujuh.

Cara mengunduh iOS 14

Anda dapat mengunduh iOS 14 di iPhone atau iPod touch, jika perangkat yang Anda gunakan termasuk dalam daftar perangkat yang kebagian update. Caranya buka Pengaturan/ Setting > Umum/ General > Pembaruan Perangkat Lunak/ Software Update.

Pembaruan ini juga bisa diunduh secara otomatis jika Anda telah memilih opsi itu di perangkat Anda. Kami menyarankan Anda untuk mencadangkan data file di iCloud atau iTunes sebelum memulai proses pengunduhan. Selain itu, perangkat Anda harus memiliki daya baterai yang cukup, atau dicolokkan dan diisi daya saat melakukan pembaruan.

Fitur iOS 14

Seperti yang diumumkan Apple pada WWDC 2020, iOS 14 akan menjadi pembaruan terbesar yang pernah ada untuk halaman “Layar Utama” dan akan menghadirkan ruang baru untuk mengatur aplikasi ke dalam satu tampilan yang disebut App Library (Perpustakaan Aplikasi).

Pembaruan iOS juga akan membawa widget yang didesain ulang serta antarmuka baru untuk FaceTime, panggilan suara, dan interaksi Siri. Apple juga akan menghadirkan dukungan Picture-in-Picture ke iPhone atau iPod touch Anda melalui update iOS 14.

Selanjutnya, iOS versi terbaru ini akan meningkatkan kemampuan fitur Pesan/Messages, di mana Anda akan dapat menyematkan percakapan favorit Anda atau mendapatkan peringatan saat menerima pesan di utas grup melalui sebutan dan balasan sebaris.

{Baca Juga: Resmi Diperkenalkan, Berikut Ini 8 Fitur Baru iOS 14}

Apple juga akan menghadirkan sejumlah pembaruan untuk aplikasi Maps, Siri, dan Safari. Pembaruan ini juga akan membawa kemampuan untuk membiarkan Anda memilih keluar dari pelacakan dalam aplikasi.

Namun, Apple menunda fitur yang berfokus pada privasi itu setelah menghadapi beberapa reaksi dari pengembang termasuk Facebook. Perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa persyaratan untuk menggunakan izin pelacakan akan berlaku awal tahun depan. Lebih lengkapnya, Anda bisa melihat fitur baru iOS 14 ini.

Rilis iPadOS 14, watchOS 7, tvOS 14

Selain pembaruan iOS 14, Apple rencananya hari ini juga akan merilis iPadOS 14, watchOS 7, dan tvOS 14 untuk semua perangkat yang kompatibel.

iPadOS baru akan menghadirkan fitur-fitur seperti bilah sisi yang didesain ulang, menu tarik-turun, dan pengalaman pencarian yang ditingkatkan yang berfungsi mirip dengan bilah pencarian pop-up Spotlight macOS.

Untuk pengguna Apple Watch, watchOS 7 menghadirkan tampilan jam yang dapat disesuaikan, pelacakan tidur, dan kemampuan untuk berbagi tampilan jam. Ada juga Family Setup yang memungkinkan orang tua bisa mengawasi anak, karena fitur ini akan menghubungkan akun Apple Watch anak ke iPhone milik orang tuanya.

{Baca juga: Fitur Paling Dinanti Apple Fanboy Hadir di iOS 14, Apa Itu?}

Terakhir, tvOS 14 menghadirkan Picture-in-Picture, dukungan banyak pengguna untuk bermain game, dan dukungan untuk pengontrol game Xbox Elite Wireless Controller Series 2 dan Xbox Adaptive Controllers.

Nah, sekarang Anda tinggal tunggu saja peluncuran iOS 14, iPadOS 14, watchOS 7, dan tvOS 14 yang tinggal hituan jam. Jangan lupa mencadangkan file data di iCloud atau iTunes Anda. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here