telset

Intervensi Data Pengguna Google Terus Meningkat

Jakarta – Sebagai perusahaan internet raksasa dunia yang memiliki banyak data pengguna, Google sering harus berhadapan dengan pihak pemerintahan di beberapa negara terkait pertikaian masalah informasi data pengguna.

Google untuk keempat kalinya melaporkan pertikaian dengan pihak pemerintah komunis China yang menginginkan sensor online di Negeri Tirai Bambu itu. Namun tak hanya China, Google juga harus berhadapan dengan pihak pemerintahan di beberapa negara lainnya.

Seperti yang Telsetnews kutip dari Associated Press, Kamis (27/10), Google menyatakan telah menerima lebih dari 15.600 permintaan untuk data pengguna pada bulan Januari sampai periode Juni, atau meningkat 10 persen dibandingkan tahun lalu.

Permintaan dalam periode terakhir membludak hingga lebih dari 25.400 rekening individual di seluruh dunia. Massifnya intervensi terhadap Google karena Google hampir menguasai semua lini komunikasi di dunia maya. Dari YouTube hingga Gmail. Belum lagi produk barunya, Google Plus yang katanya sampai menyentuh 40 juta pengguna.

Semua informasi yang dimiliki, menjadikan Google sebagai sumber daya yang berharga. Pasalnya, informasi tersebut digunakan pihak berwenang untuk memerangi kejahatan, terorisme atau kegiatan lainnya.

Volume tertinggi permintaan pemerintah untuk data pengguna berasal dari Amesika Serikat sebanyak 5.950 permintaan atau meningkat 29 persen dari enam bulan sebelumnya.

Kemudian disusul India sebanyak 1.739 permintaan (naik 2 persen). Perancis 1.300 permintaan ( naik 27 persen), Inggris  1.273 permintaan (naik 10 persen), dan Jerman 1.060 permintaan (naik 38 persen).

Dengan mengungkapkan berapa banyak permintaan pemerintah dalam setiap enam bulan, Google berharap bisa mendorong undang-undang baru yang akan memberikan perusahaan lebih maksimal untuk menolak akses pemerintah mengenai komunikasi online masyarakat dan kegiatan lainnya.[tsn/hbs]{jcomments on}

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0