Tiongkok Bangun ‘Great Wall’ di Dunia Maya

Great Firewall of China

JAKARTA – Perang di masa depan nantinya tak cuma terjadi di dunia nyata, tapi juga di dunia maya atau cyberwar. Untuk itu, Pemerintah Tiongkok dilaporkan sedang membangun “tembok besar” di dunia maya atau giant firewall sebagai upaya menangkal serangan dari Barat.

Tiongkok berencana bangun jaringan komputer terbesar pertama yang anti dibajak. Sebagai langkah awal, pemerintah Tiongkok sedang membangun jaringan kabel optik antara Beijing dan Shanghai senilai £60 juta.

Jaringan tersebut, seperti dikutip dari Dailymail, Sabtu (8/11/2014), akan mengamankan jaringan pemerintah, keuangan dan militer dari serangan hacker.

Jaringan akan dibangun dalam dua tahun dan diperkirakan akan mentransmisikan quantum kunci enkripsi agar informasi tetap aman.

Pembangunan jaringan firewall ini menggunakan dana pemerintah Tiongkok dan disalurkan melalui ICBC, bank terbesar Tiongkok.

Proyek ini akan dipimpin oleh  Professor Pan Jianwei, profesor fisika kuantum di Unversity of Science and Technology of China (USTC).

Dia mengatakan kepada Telegraph bahwa proyek ini dijalankan setelah merebaknya isu penyadapan yang diungkap Edward Snowden, dimana AS dan sekutu Baratnya disebutkan sering melakukan aksi penyadapan data milik pemerintah Tiongkok.

Berita ini muncul setelah data trafik serangan internet dari Akamai menyebutkan 43% serangan online berasal dari Tiongkok, atau tiga kali lipat di atas Indonesia yang menduduki peringkat kedua dengan jumlah serangan 15% dari total serangan hacker. [AI/HBS]

 

[AI/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here