Makin Ngebut, Rata-Rata Teknologi Fast Charging HP Capai 34W

Telset.id, Jakarta – Teknologi fast charging atau pengisian cepat semakin menjamur di berbagai merek smartphone. Namun, seiring perkembangan teknologi, ternyata fast charging HP semakin cepat dengan rata-rata mencapai 34W.

Menurut laporan dari Counterpoint Research, rata-rata global untuk teknologi fast charging HP telah berkembang dari 18W pada Q1 2018, menjadi 30W pada Q1 2022, dan saat ini duduk di 34W pada Q1 2023.

Peningkatan kecepatan pengisian daya ini sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya permintaan konsumen untuk masa pakai baterai yang lebih lama, yang telah melonjak dengan adopsi jaringan 5G secara luas dan peningkatan dalam teknologi kamera, layar, dan prosesor.

Produsen ponsel pintar China memimpin perlombaan pengisian cepat, dengan daya pengisian cepat rata-rata lebih dari 50W. Merek-merek ini memanfaatkan pengisian cepat sebagai proposisi penjualan yang unik untuk menarik pelanggan.

Misalnya, Realme dan Xiaomi sama-sama menawarkan perangkat yang memiliki daya pengisian daya di atas 200W. Selain itu, baik Xiaomi dan Oppo baru-baru ini mendemonstrasikan HP dengan kemampuan pengisian cepat 300W yang menjanjikan pengisian penuh hanya dalam beberapa menit.

BACA JUGA:

Teknologi Fast Charging Smartphone

Sebaliknya, perusahaan seperti Apple dan Samsung telah mengadopsi pendekatan yang lebih hati-hati untuk pengisian cepat, dengan memprioritaskan keamanan baterai dan performa secara keseluruhan.

Misalnya, pembaruan iOS 13 Apple memperkenalkan fitur pengisian daya baterai yang dioptimalkan yang memperlambat laju penuaan baterai dengan mengurangi waktu yang dihabiskan iPhone untuk terisi penuh.

Fitur Baterai Adaptif Google di Android juga mempelajari rutinitas pengisian harian pengguna untuk memperlambat pengurasan baterai. Samsung dilaporkan sedang mengerjakan teknologi baterai baru yang terinspirasi oleh teknologi kendaraan listrik.

Dikutip Telset dari Gizmochina pada Senin (24/07/2023), teknologi baterai baru diharapkan dapat meningkatkan masa pakai baterai seri Galaxy S24 mendatang.

Laporan dari Counterpoint ini juga menyoroti perubahan perilaku pengguna, yang menyatakan bahwa sekitar setengah dari semua pengguna ponsel cerdas menghabiskan setidaknya 5 jam setiap hari di perangkat HP.

BACA JUGA:

Mereka menghabiskan waktu untuk berbagai aktivitas termasuk interaksi sosial, menjelajah web, streaming konten, dan bermain game. Temuan ini menandakan potensi inovasi lebih lanjut dalam teknologi baterai dan dampaknya terhadap pengalaman pengguna secara keseluruhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI