Satelit Baru SpaceX Siap Dukung Emergency SOS iPhone

Telset.id, Jakarta – Apple dan mitra satelitnya, Globalstar, bekerja sama dengan SpaceX akan meluncurkan satelit baru yang akan meningkatkan fitur Emergency SOS di iPhone.

Apple memperkenalkan layanan Emergency SOS melalui satelit pada seri iPhone 14 tahun lalu. Fitur ini kemungkinan akan tersedia pada seri iPhone 15 mendatang yang rencananya akan diluncurkan pada 12 September 2023 mendatang.

Hanya beberapa hari sebelum peluncuran, sebuah laporan baru mengungkapkan bahwa Apple sedang berupaya meningkatkan konektivitas satelit di iPhone dengan bantuan satelit SpaceX.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Globalstar akan membayar SpaceX USD 64 juta atau Rp974,4 untuk meluncurkan satelit baru yang akan meningkatkan jaringan komunikasi untuk fitur ini. Pembayaran akan dilakukan secara bertahap dan berakhir pada tahun 2025, ketika satelit diperkirakan akan diluncurkan ke luar angkasa.

BACA JUGA: 

Fitur Emergency SOS melalui Satelit diperkenalkan oleh Apple tahun lalu dengan model iPhone 14. Teknologi ini memungkinkan pengguna iPhone untuk menghubungi layanan darurat meski mereka tidak berada dalam jangkauan seluler atau Wi-Fi.

Saat Apple meluncurkan seri iPhone 14, mereka mengatakan bahwa fitur Emergency SOS via Satellite akan gratis selama 2 tahun pertama. Setelah itu, pengguna harus membayar biaya untuk menggunakannya.

Apple belum merilis rincian berapa biayanya, tetapi dengan semua pengeluaran yang dilakukan Apple untuk meningkatkan keandalannya, sekarang masuk akal untuk berasumsi bahwa Apple akan membebankan sedikit biaya untuk menggunakan opsi SOS.

Selain itu, Globalstar telah setuju untuk mengalokasikan 85% kapasitas jaringannya saat ini dan di masa depan untuk iPhone Apple. Mereka juga akan menyediakan dan memelihara semua personel, perangkat lunak, sistem satelit, dan lainnya sambil mempertahankan standar kualitas dan cakupan minimum.

BACA JUGA: 

Emergency SOS melalui satelit tersedia di beberapa negara. Negara yang dimaksud adalah Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Inggris Raya, Austria, Belgia, Italia, Luksemburg, Belanda, Australia, Selandia Baru, dan Portugal. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI