Pencipta GIF, Stephen Wilhite Meninggal Dunia Karena Covid-19

Telset.id, Jakarta – Pencipta animasi gambar GIF, Stephen Wilhite meninggal dunia pada tanggal 14 Maret 2022 di usia 74 tahun. Kabar meninggalnya pencipta animasi Graphics Interchange Format itu diumumkan oleh sang istri, Kathaleen Wilhite.

Kathaleen mengabarkan, Stephen Wilhite meninggal karena mengidap Covid-19. Menjelang kepergiannya, pencipta animasi GIF tersebut dikelilingi oleh keluarga besarnya.

“Dia dikelilingi oleh keluarga ketika dia meninggal. Dengan semua pencapaiannya, dia tetap menjadi pria yang sangat rendah hati, baik hati, dan baik,” ujar Kathaleen, seperti dikutip Telset dari The Verge pada Kamis (24/3/2022).

Baca juga: Cara Download Video Twitter dan GIF

Semasa hidup, Wilhite adalah orang yang sangat kreatif dan pekerja keras. Hasilnya ia berhasil menemukan GIF saat masih bekerja di CompuServe.

“Dia menemukan GIF sendirian. Dia benar-benar melakukannya di rumah dan membawanya ke tempat kerja setelah dia menyempurnakannya. Dia akan mencari tahu semuanya secara pribadi di kepalanya dan kemudian pergi ke kota untuk memprogramnya di komputer,” katanya.

Sedangkan saat masih bekerja di CompuServe, beberapa mantan rekan kerjanya mengatakan bahwa Wilhite adalah sosok pekerja keras yang memiliki pengaruh besar pada kesuksesan perusahaan.

Stephen E. Wilhite lahir di Amerika Serikat tanggal 3 Maret 1948. Ia dikenal sebagai ilmuwan komputer dan lama berkarir di perusahaan teknologi CompuServe.

Di CompuServe pula ia bersama tim mengembangkan file gambar GIF yang dilakukan sejak tahun 1987. Adapun format GIF diadaptasi dari algoritma LZW milik perusahaan Unisys.

Wilhite melakukan berbagai penyesuaian sehingga GIF memiliki standar secara de facto yakni animasi berformat 8 bit yang tidak memiliki suara. Sayangnya walaupun GIF telah ditemukan sejak tahun 1990-an, gambar bergerak ini baru banyak dipakai beberapa puluh tahun kemudian.

Seperti dihimpun Telset dari Wikiwand pada Kamis (24/3/2022), animasi GIF baru banyak digunakan sebagai desain website atau postingan di media sosial sejak tahun 2016 hingga sekarang.

Baca juga: Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi GIF

GIF muncul dengan bentuk yang unik dan kerap menjadi meme yang lucu. Bahkan saking beragamnya GIF yang beredar, pada sebuah wawancara Wilhite mengaku memiliki GIF favorit yaitu GIF bayi sedang menari.

Pencipta GIF Meninggal Dunia
GIF bayi menari yang disukai oleh Stephen Wilhite (Sumber foto: The Verge)

Berkat GIF pula, Wilhite berhasil meraih Webby Lifetime Achievement Award yang diterimanya pada tahun 2013. Sebelum meninggal dunia, pencipta GIF ini menghabiskan masa pensiunnya bersama istri di Ohio Amerika Serikat. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0