Pemilik Situs Hacker BreachForums Ditangkap FBI

Telset.id, Jakarta – FBI telah menangkap pemilik situs komunitas hacker BreachForums, bernama Conor Brian Fitzpatrick atau juga dikenal dengan nama akun Pompompurin.

Dikutip Telset dari The Verge pada Senin (20/03/2023), Brian Fitzpatrick ditangkap di rumahnya di New York pada hari Rabu lalu. Ketika ditangkap hacker Brian Fitzpatrick memberikan pernyataan tersumpah kepada FBI yang mengakui kalau dirinya pemilik situs BreachForums.

Alasannya membuat BreachForums, karena FBI telah menyita situs buatannya RaidForums pada tahun 2021, yang juga menjadi wadah para peretas untuk melakukan jual beli data pribadi.

Selain membuat situs penyebar data, Brian Fitzpatrick juga terpaksa harus ditangkap karena beberapa kali melakukan peretasan, yang salah satunya menargetkan FBI Amerika Serikat.

BACA JUGA:

Pada tahun 2021, Pompompurin bertanggung jawab atas peretasan email FBI sehingga email mengirimkan ribuan peringatan keamanan dunia maya palsu kepada banyak pengguna.

Selain itu hacker BreachForums ini turut menjual puluhan ribu data peserta program Infragard. Sebuah program berbagi informasi FBI yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang ancaman fisik dan digital, terhadap organisasi pemerintah dan perusahaan independen.

Selain itu, situs Bleeping Computer mencatat bahwa Pompompurin juga terlibat dalam kebocoran jutaan data pengguna aplikasi Robinhood pada tahun 2021. Lalu kasus serupa yang menimpa pengguna Twitter pada November 2022.

Tidak heran dengan tindak tanduknya selama ini yang khususnya menyerang FBI, membuat biro investigasi AS itu mengejar sosok Brian Fitzpatrick untuk diadili dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

BACA JUGA:

Meskipun sudah ditangkap FBI pada Rabu lalu, pemilik situs hacker BreachForums ini dibebaskan dengan uang jaminan USD 300.000 atau Rp 4,6 miliar dan akan muncul di pengadilan Virginia pada tanggal 24 Maret 2023.

Sementara situs BreachForums dikabarkan masih tetap aktif dan berjalan di bawah kepemilikan baru. Di Indonesia sendiri situs BreachForums menjadi perbincangan karena dipakai hacker anonim Bjorka untuk menyebarkan banyak data masyarakat Indonesia.

Misalnya saja data pengguna aplikasi PeduliLindungi, data aplikasi MyPertamina, data kartu SIM dan lain sebagainya. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI