telset
spot_img

Instagram Sempat Blokir Akun Metaverse, Lho Kenapa?

Telset.id, Jakarta – Usai mengganti nama perusahaan Facebook Inc menjadi Meta, Instagram ternyata sempat memblokir akun bernama @metaverse di platform mereka. Apa alasannya?

Dilansir Telset dari Basic Tutorials pada Selasa (21/12/2021), pemblokiran akun @metaverse terjadi tanggal 2 November 2021, atau beberapa hari setelah Facebook Inc resmi berganti nama menjadi Meta.

Ketika itu seorang seniman dan pengusaha Thea-Mai Baumann, yang memiliki akun @metaverse mendapat informasi dari Instagram bahwa akunnya diblokir. Pemblokiran dilakukan karena akunnya berpura-pura menjadi orang lain.

Baumann menilai jika penilaian Instagram keliru, dan terus mencoba untuk memverifikasi identitasnya agar blokir akun @metaverse dibuka.

Pasalnya akun sudah ada sejak tahun 2012 dan namanya sejak dahulu adalah @metaverse, yang terinspirasi dari perusahaan augmented reality didirikan bernama Metaverse Makeovers.

Baca juga: Meta, Perusahaan Terburuk di Tahun 2021

Alasan lainnya karena banyak sekali karya yang diposting di akun @metaverse, dan semuanya hilang begitu saja ketika diblokir Instagram.

“Saya tidak mau menyerah karena akun Instagram itu mencerminkan satu dekade hidup dan pekerjaan saya,” ujarnya.

Instagram Tidak Sengaja Blokir @Metaverse

Perempuan asal Australia itu bahkan sempat menyewa seorang pengacara, demi mengembalikan akun dan tidak berhasil. Baumann kemudian meminta bantuan media The New York Times, dan The New York Times menghubungi tim Meta.

Meta bergerak cepat, dan akhirnya Instagram memulihkan akun @metaverse seperti semula. Instagram juga meminta maaf kepada Baumann karena pemblokiran terjadi secara tidak sengaja.

Kini selain berhasil mendapatkan kembali akun @metaverse, ia juga mendapatkan pengikut baru. Jumlahnya terus bertambah menjadi lebih dari 4000 pengikut. Lalu banyak orang yang berniat ingin membeli akunnya dengan harga tinggi.

Baca juga: Instagram Perpanjang Durasi Video IG Story Sampai 1 Menit

Baumann tidak berniat untuk menjual akunnya kepada siapa pun, dan ingin tetap menggunakan akun @metaverse untuk memposting karya dan bisnisnya.

Instagram Blokir Akun Metaverse

Sedangkan pasca permintaan maaf yang dilontarkan Instagram, aplikasi berbagi foto dan video ini tidak lagi memberikan keterangan lanjutan mengenai pemblokiran akun @metaverse.

Semoga saja kasus akun @metaverse bisa menjadi pelajaran bagi Instagram, untuk lebih teliti dalam memblokir akun agar kejadian yang sama tidak terulang. [HR/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0