Awas Penipuan! Jangan Asal Klik Link Ini di Facebook

Telset.id, Jakarta – Hati-hati kalau Anda menemukan atau menerima link foto di Facebook dengan judul “Look what i found” atau “Lihat deh ini”. Bisa jadi, link foto tersebut berisi phishing atau penipuan yang bisa mengambil alih akun Facebook Anda.

Penipuan jenis ini biasanya dilakukan oleh akun Facebook yang nampaknya adalah orang yang kita kenal atau teman dekat. Kemungkinan juga, akun yang membagikannya adalah kerabat dekat kita yang akunnya diambil alih akibat phishing ini.

Dilaporkan oleh IFL Science, penipuan ini tersebar dari akun orang-orang yang kita kenal yang telah disusupi. Unggahan yang dibagikan nampak tak berbahaya, justru begitu clickbait yang bikin kita ingin melihatnya.

Baca juga: Kerugian Akibat Penipuan di Medsos Capai Rp 11 Triliun

Berjudul “Look what i found” atau “Lihat deh ini”, penipu ini menyertakan link yang sama sekali tidak terlihat mencurigakan dan bahkan membuat kita tertarik untuk mengaksesnya.

Dikutip Telset pada Senin (28/3/2022), saat tak sadar mengklik link tersebut, pengguna akan diarahkan kembali ke halaman login Facebook. Padahal sebenarnya, itu bukanlah halaman Facebook sungguhan melainkan website yang dirancang sedemikian rupa agar mirip Facebook.

Kalau Anda mengisikan username atau alamat email serta password, alhasil hacker bisa mencuri data Anda, mengambil akun, atau yang paling parah memasang malware berbahaya di perangkat.

Tindak kejahatan seperti ini adalah salah satu dari sekian banyak penipuan yang marak belakangan ini di Facebook. Ironisnya, seringkali pengguna tidak menyadari bahwa mereka telah menjadi korban.

Tak cuma link foto hewan lucu dengan judul “Look what i found” di Facebook saja, ada banyak penipuan di Facebook yang “menggocek” kesadaran penggunanya.

Baca juga: Penipuan Iklan Bikin Rugi Rp 500 M

Misalnya saja, ada seseorang yang berpura-pura sebagai orang yang Anda kenal baik dan mengirimkan pesan meminta bantuan keuangan. Buat Anda yang tak waspada, bisa saja Anda menjadi korban dari penipuan seperti itu.

Maka, selalu berhati-hatilah jika pesan yang Anda terima atau konten yang Anda lihat di media sosial. Meski terlihat masuk akal atau normal-normal saja, bisa jadi itu merupakan salah satu upaya dari para penipu untuk merugikan Anda. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0