INTERNET

4 Jenis Email yang Harus Segera Dihapus, Biar Lebih Aman!

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id, Jakarta – Email menjadi salah satu jalan untuk para penjahat siber mencuri informasi pribadi dari para korbannya. Untuk itu, Ada baiknya Anda segera hapus beberapa jenis email untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika seseorang mendapatkan akses ke pesan masuk email Anda, salah satu konsekuensi yang mungkin terjadi adalah serangan BEC (Business Email Compromise), dalam hal ini korespondensi Anda dapat berkontribusi besar terhadap keberhasilannya.

“Contoh paling umum, misalnya laporan keuangan. Laporan semacam itu kemungkinan dapat ditemukan di pesan masuk divisi keuangan. Laporan keuangan memberikan banyak informasi yang sangat sensitif — dan merupakan titik awal yang ideal untuk serangan BEC,” ujar Roman Dedenok Pakar Keamanan di Kaspersky.

Baca Juga: Beredar Phishing Berkedok Streaming Netflix

“Oleh karena itu, penting untuk menghapus informasi sensitif pada kotak pesan masuk dan jangan pernah melakukan pertukaran pesan tanpa enkripsi,” tambahnya.

Segera Hapus Jenis Email Ini!

Berikut tips dari Kaspersky untuk menyeleksi jenis email berisi pesan sensitif mana saja yang sebaiknya segera Anda hapus dari kotak masuk.

1. Data otentikasi

Sebagian besar layanan modern menghindari pengiriman kata sandi sementara, alih-alih menyediakan tautan unik ke antarmuka perubahan kata sandi.

Mengirim kata sandi melalui email yang tidak terenkripsi adalah ide yang buruk. Tetapi beberapa perusahaan masih mengirim kata sandi melalui email. Bahkan karyawan terkadang mengirim kata sandi, login, dan jawaban mereka sendiri atas pertanyaan rahasia.

Baca Juga: Hacker Intai Aplikasi Perbankan

Dengan akses tersebut, para penjahat siber mereka bisa mendapatkan informasi tambahan untuk manipulasi rekayasa sosial dan meluncurkan serangan lebih lanjut.

2. Notifikasi layanan online

Jenis email yang harus segera Anda hapus adalah notifikasi layanan online. Kita pasti pernah memperoleh segala bentuk pemberitahuan dari layanan online: konfirmasi pendaftaran, tautan pengaturan ulang kata sandi, notifikasi pembaruan kebijakan privasi.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Agar Terhindar dari Serangan Ransomware

Pesan itu sendiri mungkin tidak menarik bagi siapa pun, tetapi itu menunjukkan layanan berlangganan Anda secara spesifik.

Dalam kebanyakan kasus, pesan masuk Anda adalah kunci utama untuk semua layanan ini. Dengan mengetahui layanan apa saja yang digunakan, penyerang dapat meminta perubahan kata sandi dan masuk melalui pesan masuk Anda.

3. Pemindaian dokumen pribadi

Jenis email lainnya yang mesti Anda hapus adalah pemindaian atau scan dari dokumen pribadi seperti KTP, SIM dan lain sebagainya.

Baca Juga: Installer Windows 11 Palsu Bertebaran

Sebaiknya segera menghapus semua pesan yang berisi informasi pribadi dari email. Hanya unduh dan simpan dokumen di penyimpanan terenkripsi.

4. Dokumen berisi kepentingan bisnis yang sensitif

Bagi sejumlah karyawan, pertukaran dokumen merupakan bagian integral dari alur kerja perusahaan. Sayangnya, beberapa dokumen mungkin bernilai tidak hanya untuk kolega Anda, tetapi juga untuk penyerang.

Itu dia beberapa jenis email yang harus Anda hapus segera untuk menghindari kebocoran data penting yang Anda miliki. (HR/MF)

Leave a Comment