INTERNET

Jack Ma Menghilang Sejak Oktober Usai Kritik Pemerintah China

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Miliarder sekaligus pendiri Alibaba, Jack Ma, diduga menghilang usai mengkritik pemerintah China. Tokoh teknologi tersebut diketahui tak menampakkan batang hidungnya sama sekali dalam beberapa bulan terakhir.

Dikutip Telset dari Independent, Selasa (5/1/2021), kasus itu bermula ketika Jack Ma mengkritik sistem keuangan China dalam sebuah acara di Shanghai. Ia menganjurkan reformasi perbankan di acara yang digelar pada 24 oktober tahun lalu.

Menurutnya, sistem perbankan China harus direformasi karena banyak bank yang sistemnya mirip dengan sistem pegadaian.

Anehnya, usai Jack Ma menyampaikan kritik terhadap pemerintah China, ia tidak lagi muncul ke publik hingga sekarang. 

{Baca juga: Jack Ma Jual Saham Alibaba Senilai Rp 118 Triliun}

Nahas baginya, pidato itu pun memengaruhi rencana IPO Group Ant milik Jack Ma yang ditangguhkan otoritas pemerintah China.

Otoritas China beralasan, IPO Group Ant senilai USD 35 miliar atau setara Rp 487,1 triliun ke publik, akan membawa masalah besar. Bahkan, China melakukan penyelidikan antitrust kepada Alibaba Group selaku perusahaan induk Group Ant. 

Setelah itu, Jack Ma pun tiba-tiba menghilang tanpa jejak usai kritik pemerintah China tentang reformasi sistem keuangan. Hal ini diperkuat dengan vakumnya akun Twitter @JackMa sejak tanggal 10 Oktober 2020.

Padahal, ia adalah salah satu tokoh teknologi yang rajin mengunggah berbagai informasi tentang kegiatannya.

Ia juga batal tampil di episode terakhir acaranya sendiri, Africa’s Business Heroes. Namanya bahkan dihapus dalam daftar dewan juri dan digantikan oleh pendiri Alibaba lainnya yakni Lucy Peng. 

Hingga kini belum diketahui keberadaan Jack Ma. Ada dugaan bahwa bahwa miliarder tersebut menghilang dan hal ini membuat warganet berspekulasi dengan kondisi sang pendiri Alibaba. 

Spekulasi Warganet atas Hilangnya Jack Ma

Jack Ma (Foto: IDX Channel)

Warganet pun berpendapat mengenai kondisi mantan guru sekolah tersebut. Misalnya saja akun @PutraErlangga_ yang bertanya apakah Jack Ma sengaja menghilang atau ada pihak yang sengaja “menghilangkannya”.

“Jack Ma, Menghilang atau Dihilangkan..?” kata @PutraErlangga_.

Lalu, ada juga akun @RaihanNovri yang mencoba berprasangka baik dengan berpendapat bahwa pendiri Alibaba itu sedang menjalani isolasi mandiri sehingga enggan muncul ke publik.

“Positive thinking aja, Jack ma lagi isolasi mandiri,” cuit @RaihanNovri.

Selanjutnya, akun @fahmi_khoirul yang merasa kehilangan dan bertanya di mana keberadaan Jack Ma sekarang.

{Baca juga: Jack Ma Mundur dari Jajaran Dewan Direksi SoftBank}

“Kemanakah kau berada #JackMa , beliau adalah inpirasi saya soal teknologi,” cuitnya.

Hingga kini belum ada keterangan resmi mengenai kondisi Jack Ma. Semoga saja ia segera muncul ke publik agar misteri ini tidak berlarut-larut lebih lama. (NM/MF)

Leave a Comment
Naufal Mamduh