“Iron Man” dan Istri Bikin Serial AI di YouTube Red

Telset.id, Jakarta – Pemeran Iron man, Robert Downey Jr, dan sang istri, Susan Downey, membuat serial dokumenter tentang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) di YouTube. Serial sebanyak delapan episode tersebut bakal tayang di YouTube Red mulai tahun depan.

Menurut The Verge, di video yang belum diberi judul itu Robert dan Susan memberikan narasi guna mempermudah pemirsa dalam mengikutinya. Tak cukup, Robert juga menjadi host atau pembawa acara. Visualisasinya berisi eksplorasi para ilmuwan dan pakar terkait AI.

“Saya dan Robert mencoba menjawab rasa ingin tahu publik tentang seluk beluk AI yang dinilai rumit. Kami mengeksplorasinya secara objektif lewat sudut pandang menarik dan menghibur. Kami berharap, video yang tayang benar-benar bermanfaat bagi banyak orang,” kata Susan.

Global Head of Original Content YouTube, Susanne Daniels, mengemukakan, video tentang AI yang dibawakan oleh Robert dan Susan menampilkan tayangan yang mengasyikkan. Keduannya mencoba menggambarkan perjalanan perkembangan dunia AI dan seperti apa wujudnya pada masa depan.

Teknologi memanfaatkan AI memang sudah semakin maju. Berbagai negara seolah saling berlomba untuk menjadi pemimpin di ranah AI. Bahkan, Presiden Rusia, Vladimir Putin, pernah menyebut bahwa negara yang bisa menguasai teknologi AI bakal menjadi penguasa dunia.

Perkataan Putin ditanggapi oleh Elon Musk, pendiri SpaceX dan Tesla. Musk mengatakan bahwa persaingan sengit antarnegara di bidang AI berpotensi memicu perang dunia ketiga.

“China, Rusia, dan negara lain akan memiliki perangkat komputer yang kuat. Hal itu bisa memicu pertikaian,” ucapnya.

Kekhawatiran Musk tentu beralasan. Sebab, ia beserta perusahaan teknologi lain yang tersebar di 26 negara telah mengirimkan surat petisi ke PBB. Isinya berupa permohonan larangan pengembangan atau penjualan senjata otonom mematikan yang menggunakan teknologi AI. [SN/IF]

Source Link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here