Facebook Bikin Chip AI untuk Filter Konten Kontroversial

Telset.id, Jakarta – Rencana Facebook mengembangkan chip sendiri sepertinya terealisasi. Namun, Facebook dikabarkan sedang membuat chip yang bisa menganalisa dan memfilter konten video secara real-time.

Chip bikinan Facebook kemungkinan menggantikan moderator manusia karena layanan streaming di jejaring sosial tumbuh secara eksponensial.

Facebook menjadi sorotan gara-gara skandal penyalahgunaan data jutaan pengguna yang melibatkan Cambridge Analytica. Sejak saat itu, apa yang diperbuat oleh Facebook seolah tiada yang benar.

Facebook mendapat gelombang kritik, termasuk kebijakan yang memungkinkan pengguna berbagi konten kontroversial atau mengganggu perasaan orang lain. Guna memberantas konten negatif, Facebook telah melakukan sederet upaya, termasuk rutin melakukan penyaringan secara otomatis maupun via moderator manusia.

Khusus moderator manusia, biasanya bekerja sepanjang waktu untuk memberantas konten yang dilaporkan pengguna atau muncul di sistem. Karenanya, Facebook mengembangkan chip untuk menggantikan perannya.

Proyek chip berkecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) garapan Facebook difokuskan untuk memilah video dan membuat penilaian secara real-time terkait tampilan konten.

“Upaya mengganti moderator manusia dengan chip jelas membutuhkan sistem komputasi berdaya muat tinggi. Kami sedang mencoba menciptakannya bersamaan dengan chip tersebut,” kata ilmuwan AI Facebook, LeCun.

April 2018 lalu diberitakan, Facebook sedang mencari kandidat untuk diposisikan sebagai manajer perusahaan perakitan perangkat lunak. Facebook berencana akan memproduksi chip sendiri sehingga tak lagi bergantung kepada Qualcomm. Facebook membangun tim khusus untuk merealisasikan rencana itu. Dengan orang-orang berkompeten, Facebook ingin menjadi raksasa teknologi baru.

Sebelum Facebook, beberapa perusahaan teknologi lebih dulu menjalankan hal serupa. Apple, misalnya, sudah memiliki chip sendiri yang tertanam di perangkat iOS besutannya. Tak lama lagi, prosesor Intel di komputer Mac akan diganti dengan prosesor buatan Apple.

Baca juga: Facebook akan Produksi Chip Sendiri, Untuk Apa?

Google pun demikian. Raksasa teknologi tersebut memproduksi chip AI. Tak mau kalah, Amazon dikabarkan sedang mengembangkan chip untuk meningkatkan kecerdasan AI Alexa.

Facebook sekarang tengah mencoba merealisasikan proyek itu dengan harapan chip buatan sendiri bisa memberantas konten kontroversial tanpa bantuan tenaga manusia. [SN/HBS]

Sumber: Nation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here