Bill Gates Sebut AI Ubah Cara Masyarakat Menggunakan Internet

Telset.id, Jakarta – Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates menyebutkan bahwa teknologi AI akan mengubah cara bagaimana masyarakat dalam menggunakan internet.

Seperti yang diketahui, ungkapan kecerdasan buatan akan mengambil alih pekerjaan manusia sudah banyak didengar oleh semua orang di dunia. Kini, Bill Gates mengklaim serupa dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Menurut Bill Gates, teknologi AI bisa menghilangkan kemampuan Google Search dan Amazon yang biasanya kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:

Selain itu, Gates juga mengatakan bahwa kecerdasan buatan akan berdampak besar pada kondisi pekerjaan di masa depan. Dia memperkirakan bahwa teknologi ini akan mengotomatisasikan banyak pekerjaan.

Tetapi, di sisi lain dia juga percaya bahwa AI akan menciptakan pekerjaan baru yang membutuhkan keahlian dan pengetahuan yang berbeda.

Gates juga meyakini bahwa asisten bertenaga AI pada akhirnya akan menjadi sangat canggih sehingga mereka dapat melakukan semua hal yang dapat dilakukan oleh Google Search dan Amazon, serta mesin pencari lainnya.

Kecerdasan buatan akan dapat memahami kebutuhan dan kebiasaan manusia, dan mereka akan dapat membantu kita dalam segala hal mulai dari mencari informasi hingga melakukan pembelian.

Bill Gates bukan satu-satunya yang percaya bahwa AI akan berdampak besar pada tenaga kerja. Karena, sebuah studi terbaru dari McKinsey Global Institute menemukan bahwa hingga 800 juta pekerjaan dapat hilang akibat otomatisasi pada tahun 2030.

Namun, studi tersebut juga menemukan bahwa hingga 950 juta pekerjaan baru dapat diciptakan dalam periode waktu yang sama, banyak diantaranya akan membutuhkan keterampilan dan pendidikan yang lebih tinggi.

Misalnya, upskilling dan reskiling yang memfokuskan individu pada pengembangan keterampilan baru yang dibutuhkan dalam ekonomi AI. Ini termasuk belajar kode, ilmu data, atau kecerdasan buatan.

BACA JUGA:

Individu juga harus mudah beradaptasi dalam mempelajari keterampilan baru dan beradaptasi dengan cara kerja yang baru. Ini akan menjadi hal yang penting agar tetap relevan dalam dunia kerja.

Dan, yang tidak kalah penting adalah membangun hubungan dengan orang-orang di industri AI untuk tetap mengetahui tren dan peluang terbaru.

Ini semua berarti bahwa individu perlu beradaptasi dan mau mempelajari keterampilan baru agar tetap relevan di dunia kerja dan mereka juga harus dapat bekerja dengan alat dan teknologi bertenaga AI. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI