Anggap Wikipedia Tak Berguna, Putin Bikin Situs Ensiklopedia Sendiri

Telset.id, Jakarta – Merasa Situs Wikipedia tidak bisa lagi diandalkan, Presiden Rusia, Vladimir Putin memutuskan untuk “membuang” Wikipedia dan menggantinya dengan situs buatan sendiri. Putin memerintahkan anak buahnya untuk membuat situs ensiklopedianasional sendiri.

Juru bicara pemerintah berujar, langkah itu akan memastikan siapapun dapat menemukan informasi andal yang terus diperbarui berdasarkan sumber pengetahuan yang diverifikasi secara ilmiah.

Bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengusulkan untuk mengganti situs ensiklopedia online bersumber dari kerumunan orang dengan versi elektronik dari Great Russian Encyclopaedia, penerus ensiklopedia Uni Soviet.

Baca juga: China Blokir Wikipedia, Apa Penyebabnya?

“Bagaimanapun, portal baru milik Rusia akan menjadi informasi andal yang ditawarkan dalam bentuk modern,” jelas Putin, seperti dikutip Telset dari New York Post, Senin (09/12/2019).

Pada 2015, Wikipedia versi bahasa Rusia diblokir karena sebuah artikel yang berisi informasi tentang ganja. Padahal, undang-undang secara tegas melarang situs-situs memuat artikel terkait narkoba.

Tak hanya sampai di situ, Moskow juga telah memperkenalkan kontrol online yang lebih keras terkait segmen internet Rusia sehingga bisa tetap berfungsi meskipun terputus dari infrastruktur asing.

Baca juga: Duh! Situs Tiga Maskapai Down Gara-gara Google

“The Great Russian Encyclopaedia sudah tersedia dalam format elektronik dasar. Portal online baru tersebut akan menelan biaya sekitar USD 31 juta,” kata Sergei Kravets, seorang editor portal itu.

Pemerintah Rusia juga akan mendirikan pusat penelitian dan pendidikan nasional untuk Great Russian Encyclopaedia, resolusi yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Dmitry Medvedev. (SN/FHP).

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI