Telset.id, Jakarta – Telkom meminta maaf karena Internet IndiHome yang sempat mati atau mengalami gangguan pada Jumat pagi (17/07/2020). Saat ini jaringan IndiHome telah kembali normal dan Telkom akan memantau pemulihan jaringan tersebut.
Melalui keterangan resmi yang diterima pada Jumat (17/07/2020) VP Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo meminta maaf atas insiden internet mati yang menganggu banyak pengguna IndiHome.
{Baca juga: Akhirnya, Telkom IndiHome dan Telkomsel Buka Blokir Netflix}
“Telkom menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak dan merasakan ketidaknyamanan terhadap layanan IndiHome,” kata Arif.
Arif menyatakan jika penyebab internet mati adalah gangguan di perangkat transmisi IndiHome pada pagi ini sekitar pukul 08.55 WIB. Akibatnya jaringan internet IndiHome tidak berfungsi secara normal.
“Hal ini mengakibatkan menurunnya kualitas layanan sebagian pelanggan IndiHome di beberapa wilayah,” ucap Arif.
Arif menambahkan jika gangguan berlangsung singkat selama 5 menit. Saat ini seluruh layanan telah kembali normal dan Telkom akan terus mengawasi proses pemulihan jaringan yang dilakukan.
“Kami akan terus memantau dampak dan proses pemulihan layanan IndiHome secara keseluruhan,” tutup Arif.
Sayangnya Arif tidak menanggapi mengenai komentar netizen yang mengatakan jika gangguan terjadi lebih dari 5 menit.
Sebelumnya Layanan internet IndiHome dilaporkan mati pada Jumat (17/07/2020). Alhasil, netizen pun teriak di Twitter, karena aktivitas mereka terganggu akibat internet mati atau tidak bisa berfungsi secara normal.
Berdasarkan pantauan Tim Telset.id dari Trends24.in pada Jumat (17/07/2020) tagar #IndiHome menduduki peringkat keempat topik pembicaraan netizen.
Hingga siang ini, tercatat total sudah ada 22 ribu tweet yang melakukan cuit dengan tagar #IndiHome, yang kebanyakan cuitannya berisi omelan dan keluhan.
{Baca juga: Internet IndiHome Mati, Netizen “Ngomel-ngomel” di Twitter}
Melalui tagar #IndiHome, netizen melontarkan keluhan jaringan internet IndiHome terganggu. Misalnya saja akun @fbryananrachma yang merasa jika gangguan IndiHome tidak tepat.
“Indihome kau eror di saat yang tidak tepat,” cuit @fbryanarachma.
Indihome kau eror di saat yang tidak tepat
— By (@fbryanarachma) July 17, 2020
Kemudian ada juga akun @rahelsidjabat yang mengaku jika kegiatan Work From Home (WFH) yang dilakukan hari ini terganggu akibat layanan IndiHome yang mati dan tidak bisa untuk mengakses internet.
“@IndiHome drop shay internetnya hari ini. Ambyar banget, gak bisa buat #WFH. Gimana sih??,” cuit @rahelsidjabat.
@IndiHome drop shay internetnya hari ini. Ambyar banget, gak bisa buat #WFH. Gimana sih??
— Rahel Sidjabat (@rahelsidjabat) July 17, 2020
Akun @MahendraAkmal malah mulai memaklumi gangguan yang terjadi IndiHome. Menurutnya kasus tersebut sudah sering terjadi sehingga dianggap sebagai penyakit yang pernah kambuh berkali-kali.
“Indihome kumat kembali,” cuit @MahendraAkmal.
Indihome kumat kembali.
— Mahendra, Akmal. (@MahendraAkmal) July 17, 2020
Rasa kesal diucapkan oleh @calcutepie di Twitter. Menurutnya gangguan IndiHome mengakibatkanya aktivitasnya terhambat dan merugikan dirinya selaku pengguna.
“INDIHOME BENER2 Y INI LAGI DIPAKE JUGA,” cuit @capcutepie.
INDIHOME BENER2 Y INI LAGI DIPAKE JUGA
— ivonne (@calcutepie) July 17, 2020
Sedangkan akun @YohnChrist_B mengatakan jika kegiatan belajar mengajar yang dilakukannya sebagai guru menjadi terganggu akibat internet IndiHome yang mati.
“Woy kenapa tiba2 hilang koneksi sih?! Lagi ngajar malah hilang. Please lah @IndiHome!,” cuit @YohnChrist_B.
Woy kenapa tiba2 hilang koneksi sih?! Lagi ngajar malah hilang.
Please lah @IndiHome !— #PandoharanCaseHP (@YohnChrist_B) July 17, 2020
IndiHome melalui akun @IndiHome mengakui jika layanan internet mereka mengalami gangguan pada pukul 08.55 WIB.
IndiHome mengklaim jika gangguan terjadi di perangkat transmisi dan gangguan layanan hanya terjadi 5 menit.
{Baca juga: Blokir Netflix Dibuka, Netizen: Terima Kasih IndiHome!}
IndiHome mengklaim jika layanan mereka sudah kembali normal dan meminta maaf atas kejadian hari ini.
“Saat ini layanan sudah kembali normal. Atas ketidaknyamanan ini, kami mohon maaf,” cuit @IndiHome.
Pagi tadi telah terjadi gangguan di perangkat transmisi yang mengakibatkan terganggunya layanan sekitar 5 menit.
Saat ini layanan sudah kembali normal.
Atas ketidaknyamanan ini, kami mohon maaf. pic.twitter.com/YyhOrgggEM— IndiHome (@IndiHome) July 17, 2020