Internet di Dunia Hanya Dikontrol Oleh 14 Orang?

Internet duniaJAKARTA – Tahukah Anda, bahwa ternyata keseluruhan internet yang beredar di dunia ini dikontrol oleh hanya 14 orang saja, yang memegang tujuh kunci rahasia. Kunci rahasia ini diturunkan ke penjaga berikutnya dalam sebuah ritual khusus.

Mengutip dari Business Insider, Rabu (4/3/2015), pelaksana ritual ini adalah sebuah organisasi bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). ICANN bertugas untuk memberi tanda alamat Internet secara numerikal ke website dan komputer serta meng-alihbahasakan numerikal tersebut dalam tampilan web normal yang bisa dilihat melalui browser.

Sebagai contoh, ketik 64.27.101.155, maka Anda akan terhubung dengan halaman web Business Insider. Tapi, www.businessinsider.com lebih mudah diingat oleh masyarakat. Jika seseorang mendapatkan kontrol ke database ICANN maka orang ini akan bisa mengontrol Internet. Nah, jika terjadi sesuatu hal terhadap ICANN, maka database tersebut perlu dibangun lagi.

Untuk itu, ICANN menugaskan tujuh orang khusus untuk memegang tujuh kunci fisik database ICANN tersebut. Lalu ICANN menunjuk tujuh orang lagi untuk memegang kunci cadangannya. Kunci utama merupakan kode komputer, semacam password, yang bisa digunakan untuk mengakses database ICANN. Nah, setiap empat tahun sekali sejak 2010, tujuh pemegang kunci akan bertemu untuk upacara menyerahkan kunci ke pemegang yang baru. Waah… [AI/IF]

Berikut adalah video upacara penyerahan kunci pertama yang diselenggarakan pada tahun 2010 (lihat menit 1:58 untuk melihat upacaranya).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI