Intel Rilis 8 Prosesor Generasi ke-9 untuk Kreator Konten

Telset.id, Jakarta – Intel merilis 8 seri prosesor terbaru generasi ke-9 yang ditujukan untuk para kreator konten dan para ahli IT. Prosesor Inter Core seri X ini antara lain Intel Core  i7-9800X, i9-9820X, i9-9900X, i9-9920X, i9-9940X, i9-9960X dan i9-9980XE serta Intel Xeon W-3175X.

Vice President and General Manager, Desktop, Systems and Channel, Client Computing Group Intel Anand Srivatsa mengatakan 8 prosesor anyar ini didesain dengan frekuensi tinggi dan dilengkapi dengan fitur platform yang sesuai bagi beban kerja ringan maupun berat.

Prosesor ini dirancang untuk menangani tugas dan aplikasi yang paling penuh tuntutan dengan kinerja yang baik.

Baca juga: Terlibat Skandal Asmara di Kantor, CEO Intel Mundur

“Pengumuman ini menunjukkan kemampuan kami untuk mencapai tujuan tersebut. Intel bersama mitra-mitra kami berfokus untuk menghadirkan platform dengan performa kelas dunia, serta platform dengan kemampuan yang melebihi kebutuhan pengguna,” tutur Anand dalam keterangan resmi yang diterima Telset.id, Selasa (9/10/2018).

Anand menjelaskan kedua jenis produk ini dibangun pada arsitektur Intel® Mesh supaya  mampu meningkatkan bandwidth memori dan I/O, serta mengurangi periode latensi. Pengurangan waktu latensi dinilai menjadi kebutuhan penting untuk menangani tingginya beban kerja dari para pembuat konten dan ahli.

Prosesor Intel Core seri X terbaru ini, kata dia, menawarkan beberapa pilihan mulai dari 8 hingga 18 core, dengan kinerja premium dan teknologi platform yang dapat membantu tugas para kreator mengubah imajinasi menjadi kenyataan.

“Dengan jumlah core hingga 18, 36 thread, Intel Smart Cache 24.75 MB, serta platform PCIe lanes hingga 68, sistem berbasis prosesor Intel Core seri X memungkinkan kreator untuk merekam, melakukan encode, mengedit, merender dan melakukan transcode secara cepat dan bersamaan,” jelas dia.

Tak hanya itu, teknologi Intel® Turbo Boost Max Technology 3.0 yang memiliki frekuensi single-core hingga 4,5 GHz membuat beban kerja penting dapat diarahkan ke dua core tercepat prosesor. Alhasil kinerja menjadi mengoptimalkan dan bekerja cepat atau  ringan saat diperlukan atau dengan kata lain penggunanya tidak harus memilih antara menggunakan prosesor untuk beban kerja ringan ataupun berat.

Menurut Anand prosesor Intel Core seri X juga akan memungkinkan pengembang peranti lunak untuk membuat aplikasi dengan memanfaatkan instruksi Intel® AVX-512 untuk meningkatkan kerja komputasi dalam beban paralel.

Sedangkan untuk keperluan desain arsitektur, desain industri, serta pembuatan konten profesional, Intel akan menghadirkan prosesor Intel® Xeon® W-3175X versi unlocked. Prosesor Intel Xeon 28-core yang baru ini diklaim bisa menanggung beban kerja berat dan intensif karena disokong frekuensi turbo single-core hingga 4.3 GHz dan 56 threads.

Baca Juga : Intel Kembali Garap Bisnis Kartu Grafis Game

“Prosesor tersebut akan memiliki versi unlocked untuk mereka yang ingin menghasilkan performa yang lebih tinggi lagi. Platform ini juga menyediakan Intel Smart Cache 38,5 MB, dukungan memori DDR4 6-channel hingga 512 GB pada 2666 MHz, serta ECC dan dukungan RAS standar,” imbuh dia.

Prosesor Intel Core seri X baru akan tersedia pada November dan prosesor Intel Xeon W-3175X akan dikirim oleh Intel pada Desember di Amerika Serikat (AS).

Belum ada pengumuman kapan teknologi tersebut akan masuk Indonesia. Namun nampaknya tidak akan memakan waktu lama, jika dilihat dari pengalaman Intel sebelumnya. [WS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here