telset

Instagram Tuai Kecaman

Instagram ilustrasi

Jakarta – Rencana Instagram menjual foto yang diposting mendapat reaksi keras dari pengguna aplikasi berbagi foto tersebut. Sejumlah fotografer profesional dan media terkemuka mengungkapkan kekesalannya dengan menyatakan akan berhenti memposting foto ke Instagram.

National Geographic merupakan salah satu media yang bereaksi keras atas rencana Instagram tersebut. Mereka menyatakan kekecewaannya dan mengatakan kemungkinan tidak akan menggunakan Instagram lagi.

“@NatGeo menunda postingan baru ke Instagram. Kami sangat memperhatikan tentang proposal terms of service baru, dan jika tetap seperti itu maka kami mungkin akan menutup akun kami,” tulis pernyataan National Geographic di Instagram, seperti dilansir Mashable, Rabu (19/12).

Tak hanya dari pihak media massa, reaksi keras juga disuarakan oleh fotografer Noah Kalina, yang adalah merupakan fotografer pernikahan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

“Nama, wajah dan foto saya adalah sangat berharga karena menjadi mata pencarian saya. Anda tidak dapat mengambil hal-hal itu dari saya secara gratis,” sembur Kalina.

“Jika Anda ingin menggunakan foto saya atau memanfaatkan pekerjaan saya, Anda harus mengubah klausul tersebut dan berbicara dengan saya terlebih dahulu. Jika tidak saya akan meninggalkannya (Instagram),” ketusnya lagi.

Mendapat protes dari berbagai para penggunanya, Instagram telah memberikan pernyataan resminya di blog resmi Instagram. Mereka membantah akan menjual foto pengguna dan berdalih terms of service baru telah disalah interpretasikan penggunanya.

Seperti diketahui, Instagram telah membuat aturan baru dengan menuliskan dalam term of condition bahwa mereka akan menjual foto yang diposting oleh para penggunanya dengan hak penuh.

Aturan yang rencananya akan efektif mulai diterapkan tanggal 16 Januari 2013 mendatang itu mendapat reaksi keras dari para penggunanya, termasuk dari para awak media dan fotografer profesional.[hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0