Insiden Tabrakan Mobil Otonom Uber karena Software Error

Telset.id, Jakarta – Masih ingat kasus mobil otonom Uber menabrak seorang perempuan hingga tewas di Arizona, Amerika Serikat, pada Maret 2018 lalu? Berdasarkan hasil serangkaian penyelidikan, terungkap bahwa kasus tersebut terjadi karena mobil otonom Uber mengalami error di software.

Dilaporkan Autonews, merujuk investigasi kepolisian, sistem di mobil otonom Uber yang terlibat insiden ternyata eror sehingga tidak mampu menghindar ketika korban bernama Elaine Herzberg sudah berada persis di depannya. Software mobil otonom Uber membaca bahwa sepeda bukanlah objek yang perlu dihindari.

Mobil tanpa awak buatan Uber ini memang memiliki kemampuan mengenali semua objek yang ada di depannya. Ia mampu memilah, benda apa yang perlu dihindari dan mana yang tidak.

Eksekutif Uber mengklaim bahwa permasalahan di sistem terjadi akibat penyetelan terlalu longgar sehingga melihat sepeda layaknya kantong plastik.

Parahnya lagi, sang sopir yang menjadi operator mobil otonom tersebut mengaku lengah saat peristiwa berlangsung. Ia kehilangan konsentrasi sehingga tak mampu bertindak sigap tatkala mobil sudah berada persis di depan korban. Saat itu, kendaraan melaju dengan kecepatan 40 kilometer per jam.

Penyelidikan kasus kecelakaan ini dilakukan oleh National Transportation Safety Board, badan keamanan transportasi Amerika Serikat. Elaine Herzberg, yang berusia 49 tahun, tewas ditabrak oleh mobil otonom Uber merek Volvo XC90 ketika sedang menyeberangi jalan pada malam hari di Arizona.

Kasus kecelakaan mobil otonom memang sedang menjadi sorotan banyak pihak. Pada Jumat (4/5) lalu, insiden tabrakan “adu banteng” mobil otonom Google dengan sedan Honda. Dalam insiden itu, sebuah sedan Honda banting setir guna menghindari menabrak mobil lain, namun naas menabrak mobil otonom keluaran Google, yakni Waymo.

Berita Terkait: Mobil Otonom Uber Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas 

Si sopir yang duduk di belakang kemudi Waymo dilaporkan menderita luka ringan. Polisi di pinggiran Phoenix, Amerika Serikat, pun terus menyelidiki insiden itu. Sebagai informasi, Waymo adalah mobil otonom milik Google yang dihadirkan guna menjamin keamanan berkendara di jalan raya.

Sumber: Autonews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here