Jakarta – Kasus penipuan lewat SMS kini bukannya makin mereda, tapi justru semakin marak berseliweran di layanan para operator seluler di Indonesia. Melihat hal itu, XL Axiata coba memberikan tips kepada pelanggan agar terhindar dari upaya penipuan tersebut.
Menurut pihak XL, saat ini masih marak beredar SMS yang bertujuan untuk menipu pelanggan XL. SMS tersebut biasanya berisi pesan yang menyatakan bahwa penerima SMS telah memenangkan hadiah undian jutaan rupiah atau barang berharga lainnya.
Biasanya pesan SMS itu meminta pengguna untuk menghubungi seseorang di nomor tertentu yang disebut sebagai pegawai atau perwakilan resmi XL. Operator seluler asal Malaysia ini menghimbau pelanggannya untuk tidak langsung mempercayai pesan SMS tersebut.
“Kenyamanan pelanggan merupakan salah satu prioritas utama XL. Oleh karena itu XL berharap masyarakat semakin waspada dan tidak mudah terbujuk rayu dengan semakin maraknya modus penipuan via SMS,” kata Vice President Corporate Communication XL, Turina Farouk dalam keterangan persnya yang diterima telsetNews, Rabu (5/3/2014).
Guna memastikan keamanan pelanggan ketika menerima SMS yang mengabarkan soal perolehan hadiah, XL menyarankan pelanggan untuk menempuh beberapa langkah berikut ini:
- Melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian.
- Cek kebenaran informasi tersebut secara langsung ke operator terkait melalui jalur resmi. Pelanggan bisa menghubungi 817, atau email customerservice@xl.co.id atau twitter @XLCare.
- Melaporkan hal tersebut melalui SMS. Pelanggan bisa mengirimkan (forward) SMS penipuan tersebut ke 588, gratis.
- Bersikap waspada dan hati-hati serta jangan mudah percaya.
- Jangan tergiur dengan hadiah maupun iming-iming yang dijanjikan, dan jangan melakukan transfer uang.
Selain itu, XL menegaskan bahwa pengumuman pemenang atas program undian berhadiah yang resmi dari XL selalu dilakukan dengan tata cara sebagai berikut:
- Publikasi melalui media massa (koran, majalah, dll)
- XL akan menghubungi dan/atau menemui langsung pemenang yang bersangkutan untuk memberitahukan secara resmi.
- Seluruh program undian berhadiah yang digelar oleh maupun yang merupakan kerjasama eksklusif dengan pihak penyedia konten tidak pernah membebankan atau meminta pelanggan untuk membayar pajak undian atau pajak pemenang.
Selain mengirimkan SMS broadcast kepada pelanggan secara bertahap, XL juga menyatakan telah terus berkoordinasi dengan pihak berwajib untuk mengungkap pelaku penipuan dan penggunaan nama dan/atau atribut/logo tanpa izin pada website yang dipakai untuk penipuan.[HBS]