telset

Ini Penyebab Perangkat Windows Phone 8 Mahal

Jakarta – Ponsel yang berbasis Windows Phone hingga saat ini masih masuk kategori ponsel premium. Bahkan untuk beberapa tahun ke depan ponsel berbasis Windows Phone 8 diyakini akan tetap mematok harga yang tinggi.

Harga premium ini dianggap wajar karena Microsoft mematok spesifikasi hardware yang akan menggunakan OS Windows Phone. Tujuannya agar pengguna Windows Phone tidak merasa menunggu terlalu lama hanya untuk mengganti aplikasi seperti pada OS lainnya.

Beberapa waktu lalu Engadget melansir bocoran beberapa spesifikasi minimum untuk Windows Phone 8. Jika melihat spesifikasi tersebut, maka menjadi jelas kenapa ponsel berbasis Windows Phone 8 akan tetap berharga mahal hingga beberapa tahun ke depan.

Hal itu terlihat dari jenis chipset yang digunakan minimal Qualcomm Snapdragon S4 dual-core processor. RAM nya sendiri minimal 512MB RAM untuk WVGA phones. Dan minimum 1GB RAM untuk jenis WXGA.

Kalau internal memori, Microsoft mematok harus lebih dari 4 GB dengan support Micro USD 2.0. GPS dan A-GNSS harus mendukung OEMs. Fitur audionya harus mendukung 3.5mm stereo headphone jack dengan tiga tombol.

Fitur kameranya juga tak kalah premium. Di bagian belakang harus sudah ada lampu LED atau Xenon Flash. Sementara pada bagian depannya, minimal kualitas VGA yang harus diberikan para vendor.

Microsoft juga mematok spesifikasi tinggi untuk mendukung grafis di Windows Phone 8 agar bisa terlihat lebih jernih. Microsoft memberikan standar minimal untuk GPU harus mendukung akselerasi untuk Direct3D.

Beberapa minimum spesifikasi di atas hanyalah standar minimal yang disyaratkan Microsoft bagi para vendor ponsel yang menjadi mitranya dalam membuat ponsel Windows Phone.

Selain karena standar spesifikasi tinggi yang disyaratkan tadi, harga perangkat Windows Phone juga akan semakin terdongkrak karena beberapa teknologi bawaan yang dikembangkan para vendor ponsel. Seperti misalnya HTC dengan Beats Audio dan Nokia dengan teknologi Pureview.[tsn/hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0