telset
spot_img

Ini Dia 5 Kandidat Kuat CEO Microsoft

Microsoft Office
Ilustrasi

Jakarta – Sebelumnya telah dikabarkan seleksi CEO baru Microsoft telah masuk tahap akhir. Menurut laporan terbaru Reuters, saat ini tinggal menyisakan lima kandidat yang akan bertarung memperebutkan kursi panas sebagai bos baru perusahaan raksasa perangkat lunak tersebut.

Dari lima kandidat yang disebutkan, nama mantan CEO Nokia, Stephen Elop juga termasuk di dalamnya. Elop disebut-sebut sebagai kandidat kuat karena dia bukan orang baru di Microsoft. Sebelum menjadi CEO Nokia, Elop sempat menjabat sebagai kepala divisi bisnis software Microsoft.

Dan selama memimpin Nokia, dia dianggap “sukses” mengubah Nokia menjadi pemakai platform Windows Phone. Dan “prestasi” terakhirnya di Nokia adalah, berhasil menjual Nokia kepada Microsoft dengan harga miring (murah).

Kandidat kuat lainnya adalah CEO Ford Motor, Alan Mulally. Orang nomor satu di pabrikan mobil asal Amerika ini termasuk kandidat kuat karena dianggap berhasil menyelematkan Ford dari kebangkrutan.

Namun belum dapat dipastikan apakah Mulally akan menerima pinangan Microsoft, karena dia pernah mengatakan akan menghormati kontraknya hingga akhir tahun 2014 mendatang. Mulally sendiri menjabat CEO Ford sejak tahun 2006 silam.

Selain dua kandidat dari luar Microsoft tadi, menurut Reuters, Jumat (8/11), ada juga tiga kandidat yang berasal dari internal perusahaan, yakni mantan CEO Skype Tony Bates yang sekarang menjadi penanggung jawab pengembangan bisnis Microsoft, Satya Nadella, bos divisi cloud dan enterprise Microsoft, dan eksekutif senior Microsoft Paul Maritz.

Kelima kandidat yang masuk daftar ini merupakan hasil seleksi dari sekitar 40 nama yang pada awalnya masuk dalam daftar. Diperkirakan proses seleksi selanjutnya untuk lima calon CEO baru Microsoft ini akan membutuhkan waktu beberapa bulan lagi.

Seperti diketahui, pada Agustus lalu Microsoft telah secara resmi mengumumkan Steve Ballmer akan resmi pensiun dalam waktu 12 bulan ke depan. Selama satu tahun ke depan, Ballmer masih memegang tampuk pimpinan hingga perusahaan menemukan seseorang yang tepat sebagai penggantinya.

Ballmer sendiri telah memimpin Microsoft selama 13 tahun. Jabatan CEO pertama kali dipegang Ballmer pada tahun 2000 menggantikan Bill Gates.[HBS]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0