Ini Dia 10 Fitur Baru di iOS 8

ios-8Jakarta – Seperti telah diperkirakan sebelumnya, Apple akhirnya merilis iOS 8 dalam perhelatan Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) 2014 yang berlangsung di San Francisco, 2 – 6 Juni 2014.

CEO Apple Tim Cook menyebut sistem operasi mobile untuk iPhone dan iPad tersebut sebagai “a huge release”, menegaskan bahwa kemunculan iOS 8 bukan cuma update minor. Yup, di iOS 8, Apple mengumumkan bahasa pemrograman baru, dubbed Swift, untuk mempermudah mengembangkan aplikasi yang berjalan di iOS.

Lalu apa lagi hal baru yang bisa Anda temui di iOS 8? Berikut kami rangkumkan 10 penyempurnaan yang dilakukan Apple untuk sistem operasi mobile terbarunya.

Message

Aplikasi Message untuk iOS 8 diperbarui oleh Apple agar memiliki fitur yang biasanya hanya dimiliki aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Salah satunya adalah Group Messaging yang kini bisa diberi judul layaknya grup di WhatsApp.

Aplikasi Kesehatan HealthKit

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memonitor detak jantung, tidur, berat badan serta tekanan darah pengguna.

HomeKit

Platform baru yang memungkinkan pengguna untuk mengawasi rumahnya dari jarak jauh melalui iPad atau iPhone mereka. Sehingga pengguna bisa mengontrol lampu, kamera, kunci rumah, dan perangkat lain yang terhubung ke iPhone ataupun iPAd.

interactive-notifInteractive Notifications

Apple membuat bar notifikasi yang interaktif, sehingga memungkinkan pengguna untuk merespons pesan teks atau notifikasi di Facebook langsung dari notification center, meskipun dalam keadaan lock screen. Selain itu, iOS 8 juga menghadirkan widget pada notification center. Widget ini dapat memberikan akses kepada user untuk melihat berbagai informasi, seperti skor olahraga hingga cuaca.

Quick Contacts Access

Apple juga telah mengubah fitur tap ganda pada tombol home. Jika di iOS 7, tap ganda pada tombol home akan memunculkan tampilan multitasking, maka pada iOS 8, tap ganda pada tombol home memungkinkan pengguna untuk mengakses kontak yang sering dihubungi. Sehingga pengguna bisa langsung melakukan panggilan langsung dari tampilan multitasking.

Mail

Pada fitur Mail terbarunya, Apple memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan dengan cara hold and swipe. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan “multitasking” pada fitur Mail. Misal, saat ingin membuat email baru dan Anda butuh untuk meng-copy informasi dari email sebelumnya, Anda hanya perlu men-swipe ke bawah tampilan email yang sedang Anda buat, lalu copy informasi dari email lainnya.

Spotlight

Beberapa fitur yang ada di OS X 10.10 Yosemite, juga dibawa Apple ke iOS 8. Misalnya pencarian kontekstual spotlight yang memungkinkan Anda mencari aplikasi dan langsung meluncurkannya melalui iTunes App Store. Hal ini berlaku untuk mencari film, arah, dan sebagainya.

spotlight-iosContinuity

Fitur Continuity memungkinkan pengguna iPhone dan iPad untuk melanjutkan aktifitasnya di Mac. Contoh, jika Anda sedang mengetik email pada telepon Anda, Anda akan dapat melanjutkan dan menyelesaikannya pada Mac. Pengguna juga akan dapat menjawab panggilan, menerima pesan, dan bahkan membuat instant hotspot.

QuickType Keyboard

Pada dasarnya apa yang dilakukan QuickType adalah menawarkan saran kata, sama seperti keyboard Android, di mana kata-kata akan muncul di atas keyboard. Saran katanya dibuat kontekstual dan subyektif, serta akan menyarankan kata-kata yang lebih formal saat berinteraksi dengan rekan di tempat kerja, atau kata yang tidak terlalu formal jika Anda berkomunikasi dengan teman-teman.

Family Sharing

Fitur family sharing memungkinkan orang tua untuk melacak lokasi anaknya dan memberikan persetujuan lewat iPhone atau iPad ketika si anak ingin membeli aplikasi di gadgetnya.

 

family-sharing

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0