telset
spot_img

Ini Dia, 10 Artikel Terpopuler di Wikipedia Indonesia

Wikipedia

Jakarta – Artikel tentang Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan, Sejarah Indonesia, dan Soekarno merupakan artikel yang paling sering dicari saat membuka situs ensiklopedia online, Wikipedia versi bahasa Indonesia.

Adalah Johan Gunarsson, seorang ahli perangkat lunak yang merilis 10 artikel berbahasa Indonesia yang paling banyak dibaca oleh pengguna Wikipedia. Pria asal Swedia ini memanfaatkan data log files yang oleh Wikipedia memang dibebaskan untuk dapat diakses oleh semua orang.

Dengan memanfaatkan data log files inilah Gunarsson dapat melihat berbagai data mengenai aktifitas pengguna Wikipedia, seperti seberapa banyak sebuah artikel diakses oleh pengguna. Dan hasilnya, dia merilis daftar 100 artikel yang paling banyak dibaca sepanjang tahun 2012 ini.

Gunnarsson membagi daftar tersebut berdasarkan versi bahasa yang tersedia di Wikipedia, seperti Inggris, Rusia, Vietnam, Turki, Italia, dan tentu saja Indonesia.

Dalam laporannya, Gunarsson menempatkan artikel tentang ‘Facebook’ sebagai artikel paling banyak dibaca pengguna Wikipedia versi bahasa Indonesia dengan mencatat total 1,3 juta pembaca. Pada  urutan kedua ditempati artikel tentang ‘Indonesia’ dengan jumlah 1,1 juta pembaca.

Uniknya, menurut Mashable, Sabtu (29/12), Facebook dan YouTube banyak diakses pengguna Wikipedia di Tanah Air karena ada dua kemungkinan. Pertama, banyak orang yang salah masuk  ke Wikipedia.

Tersesatnya pembaca ini diyakini karena mengetik kata ‘Facebook’ di mesin pencari. Artikel Facebook yang muncul di Wikipedia diduga sebagai situs asli dari kedua media sosial tersebut.

Kemungkinan kedua, memang banyak orang yang tertarik untuk mencari tahu tentang sejarah Facebook, mulai tentang sejarah lahirnya Facebook, siapa pendirinya, hingga mencari tahu tentang berbagai peraturan perusahaan situs jejaring sosial paling populer di dunia itu.

Selain kedua situs tadi, artikel dengan “konten lokal” juga banyak dicari pembaca. Seperti artikel yang membahas tentang Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan, Sejarah Indonesia, Budaya, hingga tokoh proklamator Indonesia, Soekarno.

Data yang diberikan Gunarsson ini paling tidak memperlihatkan pengguna situs Wikipedia di Indonesia masih tertarik untuk mengetahui berbagai hal tentang Tanah Air tercintanya. [hbs]

Daftar 10 Artikel Terpopuler di Wikipedia Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0