Ini Alasan BlackBerry Boyong BBM ke Android dan iOS

BBM Channel diperkenalkan di acara BlackBerry Live 2013 (hz/telset)
BBM Channel diperkenalkan di acara BlackBerry Live 2013 (hz/telset)

Jakarta – Di tengah hiruk pikuknya acara BlackBerry Live 2013 dua hari lalu, CEO BlackBerry, Thorsten Heins, mengabarkan berita yang cukup mengejutkan bahwa BBM akan hadir di iOS dan Android. Apa sebenarnya alasan BlackBerry mengambil keputusan tersebut?

Meski kabar tentang tersebut sudah pernah beredar sejak dua tahun lalu. Namun ternyata kabar diboyongnya BBM ke Android dan iOS tetap menjadi sebuah ‘surprise’ di acara tahunan BlackBerry tersebut.

Banyak yang bertanya-tanya kenapa fitur andalan BlackBerry tersebut justru ‘diserahka’ secara gratisan untuk platform pesaing mereka? Seperti yang telah dikatakan Heins, BBM app akan dihadirkan GRATIS di Apple App Store maupun Google Play Store tahun ini.

Padahal jika dipikir-pikir, dengan memberikan BBM secara gratis untuk iOS dan Android, vendor asal Kanada itu tidak akan mendapatkan keuntungan apapun dari jumlah download oleh pengguna kedua platform pesaing BlackBerry tersebut.

Namun apakah BlackBerry begitu naif tidak memikirkan keuntungan apapun dari keputusannya tersebut? Jawabannnya tentu saja tidak! BlackBerry pasti mempunyai alasan untuk menyerahkan BBM ke iOS dan Android.

Seperti dilansir Cnet, Kamis (16/5), BlackBerry tampaknya ingin menjadikan BBM sebagai lahan untuk mendatangkan laba dari brands yang dituju. Dalam hal ini BlackBerry mengandalkan layanan barunya, BBM Channels, yang pola kerjanya mirip Tumblr untuk BBM.

Dengan cara inilah BlackBerry berharap bisa mengeruk keuntungan dari BBM Channels. Akan ada banyak fitur menarik yang dipersiapkan BlackBerry bagi para pelanggan dari platform di luar BlackBerry OS, yang tak lain adalah iOS dan Android.

Namun yang patut dipertanyakan adalah, BBM Channels masih terlalu muda untuk bisa diandalkan bisa mendatangkan banyak untung bagi BlackBerry. Sementara kita tahu BlackBerry saat ini tengah terseok-seok dengan masalah keuangannya.

Harapan memang pastilah tetap ada. Karena dari kabar yang didapat, telah ada ribuan pendaftar yang tertarik menggunakan layanan BBM Channels, walaupun masih dalam versi beta.

BlackBerry memang manaruhkan harapannya di layanan barunya ini, untuk bisa membantu mereka keluar dari masalah keuangan yang sedang membelinya. Kita tunggu saja sepak terjang BBM Channels ke depannya. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0