Ini 7 Fitur Baru iOS 7 yang Jiplak Android

iOS 7 vs Android
iOS 7 vs Android

Jakarta –  Di era mendiang Steve Jobs, Apple boleh sedikit berbangga karena diakui sebagai pionir teknologi yang dihadirkan dalam produk mereka. Namun kini pengakuan itu sepertinya mulai menghilang, karena beberapa inovasi yang dihadirkan Apple bukan lagi yang pertama alias sudah usang.

Google dengan Android-nya dalam beberapa tahun terakhir telah berhasil menggusur Apple iOS sebagai penguasa sistem operasi mobile. Persaingan kedua perusahaan ini juga merembet kepada para penggunanya. Ya, pengguna Android dan para Apple fan boy selalu mengklaim, platform mobile merekalah yang terbaik.

Pihak Apple sendiri selama ini menyerang Android sebagai “follower” mereka, dan juga menyebut Android sebagai sistem operasi yang paling tidak aman. Tak hanya itu, Apple juga menyoroti soal fragmentasi di Android terkait jadwal update OS yang katanya sering telat dan tidak diberikan secara bersamaan, sehingga Apple menyebut ekosistem Android sangat tidak ideal.

Namun apa benar Android sebagai follower? Sepertinya Apple harus instrospeksi diri sebelum mengatakan hal tersebut. Karena jika kita melihat iOS 7 yang baru saja dirilis Apple, maka kita akan tahu bahwa yang menjadi follower sebenarnya Apple.

Yup, kali ini para pengguna Android boleh berbangga, sebab ada beberapa fitur di iOS 7 yang sebenarnya telah usang, karena sudah lebih dulu mereka dapatkan di Android.

Sedikitnya ada 7 fitur baru di iOS 7 yang sebenarnya sudah ada di Android, atau paling tidak mirip dengan yang dijalankan para pengguna Android.  Mau tahu 7 fitur tersebut? Simak ulasannya dibawah ini:

1. Control Center

Control Center
Control Center

Jika melihat fungsi fitur yang satu ini, para pengguna Android pasti akan langsung teringat dengan fitur Notification Pane yang ada di Android. Yup, fungsinya untuk memberikan akses cepat ke setting toggles untuk beberapa hal yang perlu Anda set On/Off, seperti Bluetooth, WiFi, Airplane mode dan music playback control. Apple hanya menambahkan sedikit dukungan lain di Control Center, seperti shortcut ke Calculator, Clock dan Camera app.

2. Lock Screen Design

Lock Screen Design
Lock Screen Design

Untuk menilai fitur ini sebagai ‘copas’ dari Android sudah pasti tidak diragukan lagi. Sebab desain lock screen di Android dan iOS 7 dengan jelas dapat dilihat kesamaannya.

3. Dynamic Wallpaper

Dynamic Wallpaper
Dynamic Wallpaper

Dynamic wallpaper sudah lama ada di Android, dan kini Apple baru mengadopsinya di iOS 7. Hanya saja Apple sedikit ‘berimprovisasi’ dengan men-twist sehingga tidak benar-benar kelihatan sama dengan Android. Jika di Android wallpaper bergerak saat Anda scroll antar home page, maka di iOS 7 wallpaper bergerak saat Anda tilt screen.

4. Multitasking Previews

Multitasking Previews
Multitasking Previews

iOS baru mengadopsi fitur multitasking previews di iOS 7. Namun fitur baru ini jelas-jelas sangat mirip dengan yang ada di Android. Jika di Android preview app yang terbuka ditampilkan vertikal, sedangkan di iOS ditampilkan horizontal. Fungsinya sama, hanya posisi tampilannya saja yang beda.

5. Automatic App Updates

Automatic App Updates
Automatic App Updates

Bagi para pengguna Android, update aplikasi otomatis sudah bukanlah menjadi hal baru. Selama ini pengguna Android bisa mendapatkan update otomatis langsung via Google Play Store tanpa mengecek satu per satu untuk mengetahui adanya update yang tersedia. Fitur ini baru diterapkan pada iOS 7.

6. iCloud Keychain

iCloud Keychain
iCloud Keychain

iCloud Keychain adalah fitur baru di iOS yang berfungsi untuk sync username dan password yang Anda pakai dalam browser Safari, baik di Mac maupun di iOS devices. Dengan fitur ini, pengguna Mac/iOS devices tidak perlu lagi mengingat berbagai ID dan password atau mencatatnya di notes app. Bagi pengguna Android fitur seperti ini sudah ‘basi’. Ya, Google Chrome sudah lama memiliki fitur serupa yang diperuntukkan bagi semua pengguna Android.

7. Safari Tabs

Safari Tabs
Safari Tabs

Apple membuat banyak perubahan pada browser Safari di iOS 7, salah satunya dari dengan memberikan tampilan baru Tab. Namun Anda akan melihat tab di Safari kini justru terlihat sangat mirip seperti Chrome.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0