telset

Inggris Keluarkan Undang-undang Terbangkan Drone

Telset.id,Jakarta – Meningkatnya penggemar drone telah menimbulkan kekhawatiran baru, terutama bagi keselamatan lalu-lintas di udara. Melihat masalah tersebut, pemerintah Inggris belum lama ini membuat peraturan untuk menerbangkan drone di negara Ratu Elizabeth itu.

Dalam peraturan ini, pesawat tak berawak dengan bobot 250 gram harus mendaftar ke Otoritas Penerbangan Sipil atau Civil Aviation Authority (CAA). Selain itu, pilot drone akan diminta untuk mengikuti tes keamanan online di bawah undang-undang yang baru.

Regulasi ini dibuat menyusul meningkatnya jumlah pesawat drone yang semakin banyak. Aturan baru ini juga akan melarang drone terbang di atas 400 kaki, dan radius satu kilometer (0,6 mil) dari bandara.

Selama ini, sudah ada pembatasan atau aturan mengenai penggunaan drone dalam Drone Code, namun saat ini telah pembatasan tersebut telah menjadi undang-undang.

“Kami melihat jumlah pengguna drone bertumbuh dengan cepat, baik secara komersial ataupun hanya sekadar untuk bersenang-senang,” kata Menteri Penerbangan Inggris Baroness Sugg.

Dia menuturkan, pihaknya mendukung industri pesawat tanpa awak agar terus tumbuh dan berinovasi. Namun, di sisi lain, juga ingin meningkatkan keamanan penerbangan komersial.

“Kami ingin industri ini berinovasi dan tumbuh, namun kami perlu melindungi pesawat, helikopter, dan penumpangnya dari peningkatan jumlah drone di langit kami, ” jelasnya.

Sugg menuturkan, undang-undang yang baru ini akan memastikan drone yang diterbangkan digunakan secara aman dan bertanggung jawab.

Baca juga: Wajib! Semua Drone Bakal Pakai Pelat Nomor

Untuk diketahui, jumlah insiden kecelakaan yang melibatkan drone dan pesawat telah meningkat dari enam peristiwa pada tahun 2014, naik menjadi 93 peristiwa pada tahun lalu. Chief Operating Officer di Gatwick Airport, Chris Woodroofe mengapresiasi regulasi baru tersebut.

“Kami menyambut baik pengumuman hari ini, karena sudah ada kejelasan, siapa pun yang menerbangkan drone harus berada jauh dari pesawat, bandara, dan lapangan terbang,” kata Woodroofe. [BA/HBS]

Sumber: Metro.co.uk

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0