telset

Industri Musik Perangi Pembajakan

Jakarta – Berkat perkembangan internet, apapun bisa didapat dengan mudah. Ternyata teknologi internet banyak disalahgunakan seperti pendistribusian lagu secara ilegal. Industri musik cukup kerepotan menangani kasus pembajakan lagu yang tersebar dengan memanfaatkan teknologi internet.

International Federation of Phonographic Industri (IFPI) yang terdiri dari pelaku industri musik mengungkapkan berbagai pelanggaran serta strategi yang digunakan untuk melawan pembajakan.

IFPI punya kekhawatiran datangnya sistem operasi yang terbuka dan aplikasi mobile turut menjadi pemicu liarnya distribusi musik ilegal. Belum lagi ditambah ulah para pengembang aplikasi Android nakal yang menyebarkan musik tidak melalui cara yang legal. Mereka pun mengeluarkan petisi untuk memblokir aplikasi yang mendistribusikan musik secara ilegal.

Selain lewat aplikasi, lagu-lagu juga terdistribusi secara ilegal lewat berbagai situs. Bahkan di Rusia dan Ukraina ada lebih dari 50 situs yang menyediakan fitur download MP3 tidak resmi yang berbayar. Untuk menanganinya, IFPI pun menyusun langkah kerjasama dengan payment processor agar aliran dana bagi situs yang bandel tersebut diputus.

Dikutip dari Torrentfreak, Kamis (26/7), usaha hacking dan phising juga dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap email artis dan manajemen mereka dengan tujuan mendapatkan musik sebelum resmi diluncurkan.

IFPI tahu pentingnya kerja sama, partnership, serta membangun hubungan dengan penegak hukum untuk memberikan edukasi yang sama dengan dunia nyata. Langkah-langkah ini diambil untuk menyelamatkan industri musik dari distribusi yang dilakukan secara ilegal dan menekan jumlah pembajakan. Apakah Anda setuju?[lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0