telset

Indosat Terbitkan Obligasi dan Ijarah Senilai Rp 2,5 Triliun

Jakarta – PT Indosat Tbk pada hari ini mengadakan paparan publik berkenaan dengan Penawaran Umum Obligasi Indosat VIII Tahun 2012 (Obligasi Indosat VIII) dan Sukuk Ijarah Indosat V Tahun 2012 (Ijarah Indosat V), keduanya dalam mata uang rupiah senilai Rp 2,5 triliun.

Penerbitan instrument hutang ini merupakan bagian dari rencana pendanaan perusahaan dalam rangka pengembangan bisnis perusahaan lebih lanjut. Indikasi struktur penawaran untuk Obligasi Indosat VIII senilai Rp 2 triliun. Jangka waktunya untuk seri A selama tujuh tahun dan 10 tahun untuk seri B, dengan suku bunga tetap yang akan dibayarkan setiap triwulan.

Sementara untuk Ijarah Indosat V sebanyak-banyaknya Rp 500 miliar. Jangka waktunya selama 7 tahun. Obyek Ijarah berupa manfaat atas kapasitas Transponder Satelit Palapa D sebesar 351 MHz yang digunakan perusahaan untuk penyelenggaraan layanan jaringan tetap tertutup. Komposisi final dari struktur Obligasi diatas akan ditetapkan setelah diselesaikannya proses Bookbuilding.

Dana hasil penerbitan ini di antaranya Obligasi VIII akan digunakan sebanyak 65 persen untuk pembayaran lisensi jaringan kepada pemerintah, 25 persen untuk pembelian base station subsystem, dan 10 persen untuk melaksanakan opsi beli atas obligasi indosat II tahun 2002.

Sedangkan untuk sukuk Ijarah digunakan seluruhnya untuk pembelian base station subsystem. Komposisi final dari struktur obligasi itu akan ditetapkan setelah diselesaikannya proses bookbuilding.

Pefindo pada tanggal 16 April 2012 telah memberikan peringkat untuk Indosat berikut obligasi-obligasi yang ditawarkannya, yaitu peringkat id AA+/Stable Outlook untuk Obligasi Indosat VIII Tahun 2012 dan id AA (sy)+/Stable Outlook untuk Sukuk Ijarah Indosat V Tahun 2012. Sedangkan Fitch, pada tanggal 30 April 2012 telah memberikan peringkat nasional AAA(idn) untuk kedua Obligasi tersebut.

Bookbuilding akan berlaku mulai tanggal 29 Mei 2012 dan berlanjut sampai dengan tanggal 8 Juni 2012. Tanggal efektif diharapkan pada tanggal 18 Juni 2012 bersamaan dengan pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal tanggal 28 Juni 2012.

Penerbitan Obligasi Rupiah Indosat ini dibantu oleh sindikasi penjamin emisi yang terdiri dari PT Mandiri Sekuritas, PT DBS Vickers Securities Indonesia, PT HSBC Securities Indonesia, PT Danareksa Sekuritas dan PT Standard Chartered Securities Indonesia. Bertindak sebagai wali amanat adalah PT Bank Rakyat Indonesia. [hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0