Indosat Terapkan Upaya Preventif Cegah CP Nakal

Jakarta – Menanggapi maraknya isu penyedotan pulsa yang akhir-akhir ini banyak dikeluhkan oleh pelanggan seluler, operator Indosat menyatakan akan mencegah upaya dan praktek yang berpotensi dapat merugikan pelanggannya.

Upaya pencegahan yang akan dilakukan Indosat termasuk praktek penipuan yang memanfaatkan layanan pesan pendek (SMS) dengan berbagai modusnya.

Menurut Sumantri Joko Yuwono, Group Head Product Development & Management Indosat, berbagai upaya yang telah dan akan dilakukan Indosat antara lain, mengimplementasikan konfirmasi dua tingkat dimana sebelum berlangganan pelanggan akan ditanya ulang apakah pelanggan yakin akan berlangganan layanan bersangkutan.

Memberlakukan single key “STOP” utk melakukan Unreg atau menghentikan layanan bersangkutan. Kemudian Indosat juga akan menerapkan  Single Short Code untuk berhenti layanan. Melakukan audit data dari content provider (CP) secara berkala.

Selain itu juga, Indosat akan melakukan mekanisme kontrol sehingga trafik yang dikirim melalui CP akan selalu melalui Indosat dan dicek keabsahan dari  nomor tersebut. Dan yang terakhir akan mengimplementasikan sistem denda dan sanksi bagi CP yang layanannya mendapat komplain dari pelanggan dalam batas jumlah tertentu.

Sebagai perusahaan yang menerapkan tata kelola perusahaan yang baik, Indosat mentaati ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku, dan menghindari praktek bisnis yang tidak sehat yang berpotensi merugikan pelanggan melalui berbagai upaya yang bersifat preventif maupun memberi solusi terbaik, tegas Joko dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (6/10).

Sejak maraknya keluhan pelanggan terkait layanan SMS Premium tersebut, hingga saat ini  keluhan pelanggan tentang hal ini telah turun kurang lebih sebesar 400 persen, ungkap Joko.[hbs]{jcomments on}

 

Previous articleKata-kata Inspiratif Steve Jobs
Next articleMerintis Jalan Menjadi Penguasa Jagat Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here