telset

Indosat Sosialisasi Pemanfaatan ICT untuk UKM

Jakarta – Indosat mensosialisasikan solusi layanan komunikasi telepon, internet, dan aplikasi online kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Koperasi.

Indosat mengungkapkan pentingnya teknologi telekomunikasi mulai terasa di banyak aspek kehidupan. Information, Communication, dan Technology (ICT) akan memberikan pengaruh positif, termasuk dalam dunia usaha.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Syarief Hasan, mengatakan teknologi dapat mempengaruhi kemajuan bisnis UKM dan Koperasi. Sekalipun memiliki SDM dan manajemen yang bagus, jika tidak punya teknologi, usaha yang sedang dijalankan akan selalu berada di belakang.

“Dengan dukungan yang diberikan Indosat lewat solusi UKM dan Koperasi dalam menyediakan berbagai layanan, perangkat untuk menjalankan usaha pun semakin lengkap,” tuturnya dalam acara seminar “Pemanfaatan ICT untuk UKM dan Koperasi” di Jakarta, Senin (10/9).

Sementara itu, Priagung Utomo, Division Head SME Project Indosat menambahkan, Indosat akan menawarkan kenyamanan bagi pelaku UKM dan Koperasi yang sudah memanfaatkan Closed User Group (CUG) dimana semua karyawan bebas melakukan panggilan telepon tanpa biaya tambahan.

Ia juga mengungkapkan, bagi para pelaku usaha yang membutuhkan aplikasi berbasis internet (cloud computing), pelanggan Indosat Solusi UKM juga dapat memanfaatkan Paket BlackBerry Services dan Paket Data/Internet dengan pilihan paket yang didukung akses internet berkecepatan tinggi.

Indosat juga melengkapi solusi UKM dengan memberikan aplikasi untuk mengelola koperasi simpan-pinjam dengan menggunakan aplikasi i-CRM untuk memudahkan penjualan, keuangan, data pelanggan, dan data pendukung secara online.

“Solusi yang ditawarkan oleh Indosat sangat simple. Berawal dengan dengan aplikasi untuk selular biasa, kemudian bila UKM atau koperasi butuh, Indosat akan memberikan teknologi cloud yang dengan kapasitas unlimited dan fleksibel,” jelas Priagung.

Berdasarkan survey yang telah dilakukan, Indosat akan memfokuskan solusi layanan untuk UKM dan Koperasi ke 8 daerah seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Batam, Medan, Denpasar, Makasar, dan Surabaya sebagai langkah awal.

Hingga saat ini sudah tercatat 55,2 juta unit UKM dan koperasi yang telah beroperasi di Indonesia. “Kami targetkan jumlahnya akan terus bertambah hingga 58 juta unit di tahun 2014,” tukas Syarief. [lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0