Indosat D-Tap, Pembayaran Nirkontak Berbasis NFC

Indosat D-TapJAKARTA – Manfaat layanan sistem pembayaran elektronik semakin dirasakan oleh para pengguna. Indosat melirik peluang itu dengan menambahkan satu lagi layanan pembayaran elektroniknya yang berbasis SIM Card dengan nama D-Tap.

Indosat menyatakan bahwa peluncuran D-Tap ini seiring dengan maraknya layanan pembayaran non tunai, serta tingginya pertumbuhan smartphone yang mendukung teknologi NFC (Near Field Communication) di Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

Indosat mengklaim layanan D-Tap yang berbasis SIM Card akan menjadi layanan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi standar pembayaran nirkontak internasional berbasis NFC.

Dalam 2-3 bulan ke depan, layanan ini akan segera hadir di beberapa transportasi umum, merchant-merchant, dan lokasi-lokasi lain yang saat ini sedang dikembangkan oleh tim Indosat.

“Peluncuran D-Tap untuk mendukung terciptanya ekosistem digital di Indonesia, lewat berbagai inovasi layanan pembayaran digital, yang bertujuan memperluas akses dan mempermudah transaksi di masyarakat,” kata Prashant Gokarn, Chief Strategy & Planning Officer Indosat.

Untuk mengembangkan D-Tap, Indosat menggandeng Sony FeliCa. Indosat bersama perusahaan asal Jepang itu selama satu tahun terakhir bersama-sama mengembangkan teknologi pembayaran yang aman dan handal.

Sony FeliCa sendiri telah terbukti berhasil mengembangkan teknologi NFC di Jepang (Suica) dan Hongkong (Octopus) dan saat ini telah memiliki 600 juta kartu beredar. Indonesia menjadi negara ketiga setelah Jepang dan Hongkong, yang menggunakan jasa Sony FeliCa.

Indosat D-Tap akan dapat diterima di seluruh lokasi dan partner yang telah mengadopsi teknologi NFC, antara lain KRL Jabodetabek, proyek transportasi umum lain, dan merchant-merchant yang telah memiliki reader atau infrastruktur NFC.

Layanan D-Tap akan melengkapi produk uang elektronik berbasis chip milik Indosat, setelah sebelumnya ada Indosat Dompetku, sebuah layanan mobile payment berbasis server. D-Tap diharapkan dapat memperluas ekosistem pembayaran elektronik khususnya di layanan transportasi publik.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI