Indosat Berencana akan Luncurkan Satelit Palapa-E

ilustrasi
ilustrasi

Jakarta – Operator telekomunikasi Indosat berencana akan meluncurkan satelit baru yang dinamakan Palapa-E. Untuk proses desain, produksi dan peluncuran satelit baru tersebut, Indosat bekerjasama dengan perusahaan asal Amerika Serikat, Orbital Sciences Corporation.

Direncanakan satelit Palapa-E akan mengorbit di slot 150.5° Bujur Timur (BT) pada tahun 2016 mendatang. Selain untuk melayani berbagai kebutuhan telekomunikasi, satelit baru ini juga untuk kebutuhan layanan sewa transponder satelit.

Saat ini Indosat mengoperasikan Satelit Palapa-C2 di slot 150.5° BT dan Satelit Palapa-D di slot 113° BT melalui stasiun bumi di Jatiluhur, Jawa Barat.

“Rencana peluncuran satelit ini untuk melayani kebutuhan layanan telekomunikasi, serta mendukung pemerintah dalam mempertahankan aset negara Republik Indonesia terkait slot orbit 150.5° BT,” kata Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (5/5).

Menurutnya, Indosat telah berpengalaman menyediakan  layanan telekomunikasi melalui jaringan satelit  sejak tahun 1967 dan saat ini jaringan satelit Indosat telah mencakup wilayah Indonesia, ASEAN, Asia Pasifik, Timur Tengah dan Australia.

“Kami siap mendukung Indosat dalam proyek yang penting bagi Indonesia. Kami yakin bahwa satelit GEOStar-2 dari  Orbital adalah solusi yang optimal guna memenuhi kebutuhan satelit Indosat,” ujar Mike Larkin, Executive Vice President and General Manager, Satellites and Space Systems Group, Orbital Sciences Corporation.

Satelit Papala-E, akan memiliki kapasitas yang terdiri dari  transponder C-band standard & extended serta transponder Ku-band (opsional). Satelit tersebut nantinya akan meng-cover wilayah Indonesia, ASEAN dan Regional Asia Pasifik.

Satelit ini juga akan menjadi bagian dari jaringan backbone untuk mendukung seluruh layanan Indosat, baik layanan seluler, telekomunikasi tetap, maupun data tetap.

Saat ini slot 150.5° BT ditempati oleh  satelit Papala-C2 yang diluncurkan tahun 1996.  Sementara itu satelit Palapa-D yang menempati slot 113° BT, diluncurkan pada tanggal 31 Agustus 2009 dari Xichang, China.

Layanan Satelit yang disediakan Indosat antara lain adalah Transponder Lease sebagai basic service untuk memenuhi kebutuhan konektifitas korporasi dan pemerintahan, seperti untuk jaringan e-KTP, ISP, dan lain-lain melalui jaringan VSAT, serta DigiBouquet dan Telecast Service untuk layanan  broadcasting. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0