telset

Indosat Belum Putuskan Ikut Lelang 3G

Menara BTS Indosat
Menara BTS Indosat

Jakarta – Indosat memprediksi lalu lintas data akan selalu naik. Hal tersebut mereka lihat dari jumlah pelanggan data Indosat yang mencapai 40 persen dari total pelanggan. Berdasarkan pertimbangan inilah Indosat pun mulai memikirkan untuk ikut serta dalam lelang tender kanal 3G yang sudah dibuka secara resmi sejak bulan Desember tahun lalu.

Pihak Indosat mengatakan masih mempertimbangkan sejauh mana efisiensi ikut lelang 3G bila dibandingkan dengan menambahkan jumlah BTS. Point paling penting, dihitung berdasarkan syarat dan ketentuan untuk mengefisiensikan jaringan.

“Kami belum bisa memutuskan untuk maju. Hingga hari ini, kami masih mempelajari dokumen-dokumen yang kami terima,” ungkap Erik Meijer, Director & Chief Commercial Indosat, saat ditemui di sela acara peluncuran program ‘7 Hari 7 Malam’, Jakarta, Selasa (8/1).

Menurutnya, belum ada kepastian apakah Indosat akan ikut lelang 3G atau tidak karena masih harus menghitung berdasarkan semua elemen. “Kita harus bersabar, setidaknya hingga 10 Januari mendatang, untuk mengetahui perkembangan isu kanal 3G ini,” tandasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, perebutan dua blok kanal 3G yang tersisa di spektrum frekuensi 2,1 GHz akan semakin ketat setelah Indosat ikut menyusul keempat operator 3G lainnya dalam pengambilan dokumen seleksi.

Selain Indosat, sudah ada empat operator yang menyatakan ikut dalam proses lelang 3G, yakni Telkomsel, XL, Axis, dan Tri (HCPT). Kelima operator tersebut telah mengambil dokumen seleksi 3G pada 3 Januari lalu.

Yang menarik dalam pengambilan dokumen ini adalah aksi Indosat. Karena sebelumnya, Presiden Direktur & CEO Indosat Alexander Rusli telah menyatakan tidak akan mengikuti seleksi beauty contest 3G ini mengingat pihaknya telah memperoleh izin refarming frekuensi di 900 MHz untuk upgrade 3G.

Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat, mengakui bahwa memang pihaknya masih berminat mendapat tambahan kanal lagi di 2,1 GHz, meski bisa memanfaatkan 10 MHz yang ada di 900 MHz untuk 3G. “Ini lagi kita mau pelajari dulu,” tandasnya.

Setelah pengambilan dokumen, para operator peminat tambahan 3G ini diberi kesempatan untuk menyerahkan pertanyaan tertulis terkait seleksi beauty contest ini pada tanggal 10 Januari dan Kementerian Kominfo akan memaparkan jawabannya dalam rapat penjelasan (Aanwijzing) pada 15 Januari.

Para operator kemudian punya waktu 16 hari untuk menyerahkan dokumen permohonan tepat pada tanggal 31 Januari dan akan diperiksa kelengkapannya dokumennya oleh Kominfo sehari setelahnya pada 1 Februari.

Evaluasi dokumen pemohon kemudian diproses dalam waktu dua minggu sejak 4 hingga 18 Februari untuk diumumkan peringkat pemenangnya pada 20 Februari. [lkh/hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0