Incar Android, Microsoft Dekati Cyanogen

Microsoft CyanogenJAKARTA – Persaingan Microsoft dan Android tidak harus membuat kedua raksasa perangkat lunak itu berkonfrontasi secara terbuka. Kedua perusahaan ini justru terlihat semakin akrab lewat kerjasama antara Microsoft dengan Cyanogen Inc. Dalam kerjasama ini, Microsoft akan mengintegrasikan aplikasi dan layanannya dengan Cyanogen OS.

Pada awal tahun 2015 ini sempat tersebar kabar yang menyebutkan bahwa Microsoft akan menggelontarkan bantuan dana kepada Cyanogen Inc. Meskipun belakangan kabar itu terbukti tidak benar.

Walaupun kabar bantuan dana itu akhirnya terbantahkan, namun kerjasama antara Microsoft dan Cyanogen saat ini masih berlangsung, hanya saja dana dari Microsoft dialokasikan untuk aplikasi dan layanan.

Microsoft akan memberikan bantuan untuk mengintegrasikan layanannya dengan Cyanogen OS. Nantinya layanan Bing, Skype, OneDrive, OneNote, Outlook dan Microsoft Office akan terintegrasi dengan Cyanogen OS, dan akan didistribusikan melalui smartphone yang menggunakan custom OS untuk Android tersebut.

Tidak diketahui apakah dengan memasukan beberapa layanan milik Microrosft tadi akan memberi pengaruh pada CyanogenMod. Begitupun untuk kepastian kapan rencana ini akan dimulai masih belum diketahui secara pasti. Tetapi jika melihat update versi 12 telah dirilis, maka kemungkinan rencana ini akan dimulai pada update CyanogenOS 13.

Beberapa waktu terakhir kedekatan Microsoft dengan Android dapat terlihat dalam sejumlah kerjasama yang dikembangkan. Sebelumnya, Samsung telah mengumumkan akan membundling beberapa aplikasi dari Microsoft untuk perangkatnya.

Kedekatan ini seperti memperkuat rumor yang mengklaim bahwa Microsoft rela menerima royalti yang lebih kecil dari pembuat perangkat Android, bila mereka memberikan pre-install untuk layanan serta aplikasi Microsoft.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI