Utak-atik Strategi Pemain China, Harga atau Inovasi?

Secara sumber daya, kreatifitas, ide baru, rasanya tidak ada yang kurang pada brand China. Jika mereka memiliki biaya R&D yang cukup, bukan mustahil banyak terobosan baru akan kita nikmati lebih cepat. Untuk memiliki biaya R&D yang cukup, margin smartphone yang dijual juga harus lebih besar, nah, sekarang siapkah para fans dan calon konsumen mau membayar harga lebih untuk produk yang biasa mereka beli dengan harga murah.

Bagi Apple yang namanya sudah menjulang, ekosistemnya sudah terbentuk, basis fans yang lebih kuat di daya beli, tidak memiliki saingan pada OS yang sama, akan lebih mudah menyasar lebih banyak konsumen di level lainnya. Apple akan lebih mudah mendapatkan banyak pembeli jika suatu saat mau mengeluarkan produk mid-end dengan harga lebih terjangkau.

Sementara bagi Samsung, yang memiliki hampir semua lini pabrik komponen, dari layar hingga prosesor, jika mau menyamakan harga bahkan lebih rendah dibanding brand China, secara nalar, harusnya semudah membalikkan telapak tangan, jika suatu saat mereka merasa perlu mengambil alih lagi pasar.

Ke depan, perlombaan smartphone bukan lagi akan dititikberatkan pada spesifikasi dan kecepatan. Saat ini pun kecepatan smartphone hi-end yang beredar sudah sangat cepat. Kecuali dalam hal skor benchmark, menggunakan prosesor Snapdragon 835 yang terbaru, dan Snapdragon 821 tahun lalu, sudah sulit dibedakan. Bahkan chip prosesor smartphone sekarang sudah mulai menyaingi dan sanggup menjalankan aplikasi PC.

Sebentar lagi, kecepatan chipset bukan lagi faktor terpenting untuk memilih smartphone. Developer chipset sendiri sudah tak lagi hanya sekedar mengembangkan produknya sebagai otak komputasi, tetapi sebuah platform. Desain, user experience, fitur, dan inovasi baru, yang akan menjadi pilihan utama, termasuk kemudahannya terhubung dengan berbagai device lain sebagai ekosistem (IoT) yang diperkuat artificial intelligence. [LS/HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI