iMessage Belum Efektif Lindungi Data Pengguna iPhone

Jakarta – Aplikasi Find My iPhone diklaim sangat membantu pengguna iPhone menghapus semua data secara otomatis di ponsel, apabila perangkat kesayangan itu raib dari tangan penggunanya.

Aplikasi bikinan Apple itu memang dibuat untuk mengantisipasi apabila pengguna iPhone sewaktu-waktu jatuh atau hilang digondol maling. Aplikasi Find My iPhone, memungkinkan menghapus data di ponsel secara otomatis.

Aplikasi ini juga dapat menghilangkan semua jejak informasi sehingga tidak mungkin untuk dilacak. Namun ternyata aplikasi di iPhone itu tidak sesempurna yang diklaim pihak Apple.

Keluhan akan aplikasi ini disampaikan seorang pembaca sebuah majalah teknologi, Ars Technica, yang mengeluhkan selain menonaktifkan ponsel melalui operator, menghapus data dari iPhone, dan mengganti kata kunci Apple ID,  ternyata perangkat yang sudah tercuri itu tetap mengirimkan dan menerima pesan sebagai pengguna awal.

Dikutip dari GSMArena, Kamis (22/12), hal ini dapat terjadi karena, iMessage diketahui ternyata tetap mengirimkan dan menerima data sebagai pengguna awal bukan pengguna baru.

Menurut ahli keamanan dari iOS, Jonathan Zdziarski, iMessage memang diregistrasi melalui nomor telepon dari SIM pengguna. Misalkan pengguna me-restore ponsel, maka ponsel akan tetap membaca nomor telepon dari SIM yang terpasang.

Jonathan memberikan solusi, alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menghentikan secara keseluruhan ID Apple, lalu melakukan meregistrasi ulang iPhone baru kita dengan username dan kata kunci yang baru.

Namun solusi yang diberikan ini ternyata juga masih punya kelemahan, yaitu dengan menghentikan ID Apple, maka secara otomatis pengguna akan kehilangan akses pada pembelian dari iTunes Music Store atau App Store yang lama. [hbs]{jcomments on}

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -