Ilmuwan Penemu Black Hole Diganjar Hadiah Rp 42,3 Miliar

Foto black hole

Telset.id, Jakarta – Tim ilmuwan yang berhasil menangkap foto black hole atau lubang hitam mendapatkan hadiah sebesar USD 3 juta atau Rp 42,3 miliar. Hadiah tersebut mereka peroleh berkat keberhasilan mengabadikan foto lubang hitam untuk pertama kalinya kepada publik.

Dilansir Telset.id dari CNET pada Jumat (06/09/2019), sebuah tim yang terdiri dari 347 ilmuwan berhasil memenangkan Oscar Sains 2019 di kategori Fisika Fundamental. Ajang ini sendiri merupakan apresiasi terhadap kontribusi ilmuwan di seluruh dunia.

Nantinya, mereka akan diundang pada upacara penganugerahan yang digelar pada 3 November 2019 di Pusat Penelitian NASA Ames di Mountain View, California dan disiarkan langsung di National Geographic.

{Baca juga: Ilmuwan akan Pamer Foto Lubang Hitam di 5 Kota Besar}

Foto black hole tersebut ditangkap pada bulan April lalu. Dalam pengambilan gambar, para ilmuwan dari Event Horizon Telescope melibatkan delapan teleskop radio di beberapa lokasi yang berada di bumi dan ketika digabung seolah-olah menjadi teleskop seukuran planet bumi.

“Bertahun-tahun yang lalu, kami pikir kami harus membuat teleskop ruang angkasa yang sangat besar untuk menangkap lubang hitam dengan membuat teleskop radio di seluruh dunia bekerja dalam konser seperti satu instrumen,” jelas Paul Hertz, Direktur Divisi Astrofisika NASA, Amerika Serikat.

{Baca juga: Ilmuwan Ungkap Foto ‘Black Hole’ untuk Pertama Kalinya}

Gambar ini didapatkan di pusat galaksi Messier 87 yang berjarak sekitar 55 juta tahun cahaya dari Bumi. Tampak pada foto, lubang hitam dikelilingi bayangan kuning yang melingkar, dan memiliki massa 6,5 miliar kali lebih besar dari Matahari. (NM/FHP)

2 KOMENTAR

  1. Salah seorang scientist dari EHT adalah Pierre Christian, seorang ilmuwan asal Indonesia peneliti tentang Blackholes, yang saat ini bekerja di University of Arizona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here