Ilmuwan Ciptakan Robot Daur Ulang Sampah

Telset.id, Jakarta – Sampah masih menjadi masalah utama bagi manusia di Bumi. Salah satu cara menanganinya adalah dengan melakukan daur ulang. Baru-baru ilmuwan menciptakan robot yang membantu manusia dalam melakukan proses daur ulang sampah.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Jumat (12/04/2019), peneliti dari Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Massachusetts Institute of Technology (CSAIL MIT) mengembangkan robot yang dijuluki RoCycle.

Robot RoCycle ini memiliki kemampuan khusus soal sampah, karena dia dapat mengidentifikasi jenis sampah hanya dengan sentuhan.

Ia dapat mengetahui jenis bahan apa yang dibuat dan akan mengurutkannya, sehingga menghemat waktu petugas kebersihan untuk memisahkan sampah secara manual.

{Baca juga: Jepang Paling Ramah Lingkungan di Asia-Pasifik, Indonesia?}

Robot ini menggunakan sensor untuk mengukur objek sampah serta dua sensor yang menentukan apakah benda tersebut dapat diremas atau tidak. Kemudian robot akan memilah apakah sampah tersebut termasuk kertas, plastik atau logam ke tempat sampah.

Robot RoCycle memiliki akurasi sekitar 63% saat menyortir item sampah pada mesin sabuk konveyor, dan akurasi sekitar 85% ketika benda-benda tersebut dalam posisi diam.

Teknologi ini cukup bagus untuk menjaga lingkungan, walaupun masih perlu ditingkatkan lagi kemampuannya. Para ilmuwan saat ini memang sedang berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi ramah lingkungan.

Sebelumnya dua peneliti di Inggris telah menciptakan desain baru turbin angin mini yang tampak seperti bola voli. Turbin angin mini ini diklaim dapat menangkap angin yang bertiup dari segala arah dan dapat menghasilkan energi ramah lingkungan.

{Baca juga: Turbin Bola Ini Bisa Hasilkan Energi Ramah Lingkungan}

Turbin bernama The O-Wind Turbine yang berhasil memenangkan penghargaan ini dapat menghasilkan energi yang ramah lingkungan. Turbin ini cocok untuk diterapkan oleh orang yang tinggal di perkotaan.

Dua peneliti dari Lancaster University, Nicolas Orellana dan Yaseen Noorani mengatakan, turbin yang mereka buat berbentuk bola plastik kecil dengan ventilasi yang dapat menangkap angin dari segala arah. [NM/HBS]

Sumber: Ubergizmo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here