Ilegal Download di Indonesia Capai Rp4,5 Triliun

JakartaLesunya industri musik Indonesia saat ini banyak disebabkan masih maraknya kasus pembajakan di pasar musik konvensional. Ancaman pembajakan kini pun menghantui bisnis musik digital Indonesia. Tahun 2009 lalu diperkirakan nilai ekonomi ilegal download telah mencapai Rp4,5 triliun.

Bisnis musik digital di Indonesia yang dipasarkan secara ilegal atau bajakan di tahun 2009 diperkirakan mencapai Rp4,5 triliun, kata VP Digital Music & Content Management Telkomsel, Krish Pribadi kepada Telsetnews di Jakarta, Minggu (20/3).

Menurut Krish, bisnis musik digital di Indonesia sendiri saat ini nilainya mencapai angka Rp2 triliun hingga Rp2,5 triliun. Itu hanya perhitungan di bisnis musik legal tapi jika dihitung dengan yang tidak legal angkanya lebih besar lagi,” ujar Krish.

Lebih jauh dikatakannya, Telkomsel akan terus berupaya membantu industri rekaman, baik itu label, penyayi dan juga pencipta lagu Indonesia bisa kembali bangkit melalui bisnis musik digital.

Kami akan coba menguasai sekitar 60 hingga 65 persen pangsa pasar musik digital legal di Indonesia, dan berharap bisa membangkitkan kembali industri musik Indonesia, yang secara otomatis juga akan mengurangi bisnis musik bajakan, pungkasnya.

Dia mengungkapkan, tahun 2010 lalu Telkomsel berhasil mengeruk pendapatan sekitar Rp550 miliar dari bisnis musik digital. Dengan nilai total investasi yang dikeluarkan Telkomsel untuk layanan musik digital sekitar Rp40 miliar sampai Rp50 miliar.

Dari jumlah tersebut, tambah Krish, RBT masih menjadi penyumbang pendapatan terbesar, yakni sekitar Rp500 miliar dari sekitar 9 juta pelanggan. Sedangkan konten full track menghasilkan revenue sekitar Rp2 miliar. “Untuk mini track sendiri, revenuenya masih kecil, sekitar Rp500 juta, papar Krish.

Kami targetkan Di 2011 ini bisa terjadi peningkatan hingga mencapai total angka pendapatan sekitar Rp1,2 triliun hingga Rp1,4 triliun, tukasnya lagi.

Saat ini Telkomsel bekerjasama dengan sekitar 100 mitra label rekaman, content provider, digital store provider, dan platform provider yang menyediakan 72.000 NSP, 15.000 lagu full, 3.000 mini song, dan 1.000 videoclip. [hbs]{jcomments on}

Previous articleBisnis Musik Digital Telkomsel Kantongi Rp550 Miliar
Next articleOlympus SZ 30MR, Kamera Pocket Berteknologi Canggih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here